SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Videografi Pariwisata Alam Kabupaten Gresik Sebagai Media Promosi Pariwisata

Muhamad Fakhri Ali

Abstrak


Kabupaten Gresik memiliki potensi keindahan wisata alam yang mempesona, namun belum banyak diangkat sebagai industri pariwisata yang menguntungkan. Berdasarkan tingginya jumlah pengunjung wisata di Kabupaten Gresik yang melakukan kunjungan wisata religi setiap tahunnya, seharusnya wisatawan tersebut bisa digiring untuk berkunjung ke destinasi pariwisata alam Kabupaten Gresik. Hal ini dikarenakan minimnya promosi pariwisata alam yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik.

Perancangan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata alam yang dimiliki oleh Kabupaten Gresik, yang dikemas dalam satu media videografi yang dirancang semenarik mungkin, sehingga menarik minat audiences untuk datang dan berwisata ke Kabupaten Gresik.

Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Perancangan prosedural diawali dengan perumusan latar belakang masalah, menetapkan tujuan, mengidentifikasi dan menganalisis data, sintesis, yang kemudian dibentuk konsep perancangan sehingga dihasilkan videografi promosi pariwisata alam Kabupaten Gresik.

Produk yang dihasilkan dari perancangan ini yaitu Videografi berjudul “Hidden Paradise of Gresik – Surga yang Tersembunyi Kabupaten Gresik”. Format mp4 HD 1080p ukuran resolusi 1920 x 1080, dengan durasi 7 menit 48 detik. Video promosi berisi sekilas tentang wisata alam Kabupaten Gresik yang dirancang dengan tujuan untuk mengenalkan wisata alam Kabupaten Gresik sehingga dapat menstimulusi rasa ketertarikan audiences untuk  mencari informasi lebih lanjut tentang objek wisata alam di Kabupaten Gresik. Untuk mendukung Videografi ini dibuat juga media promosi berupa X-Banner, Poster, Flyer, dan Sticker.