SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar 3d Legenda Gunung Arjuna Untuk Menambah Rasa Cinta Budaya Lokal Pada Anak SD

Agdi Satria Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho Agdi Satria. 2016.Perancangan Buku Cerita Bergambar 3D Legenda Gunung Arjuna Untuk Menambah Rasa Cinta Budaya Lokal Pada Anak SD. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd (II) H.J.Hendrawan, S.Sn.M.Ds

Tujuan dari perancangan buku cergam ini adalah mengangkat cerita rakyat berjudul “Legenda Gunung Arjuna” berbasis komputer 3D untuk menambah rasa cinta budaya local pada anak. Dengan tujuan menanamkan kebiasaan gemar membaca yang menyenangkan pada anak-anak serta mengenalkan dan mengakrabkan unsur-unsur budaya bangsa Indonesia melalui tokoh karakter pewayangan.

Perancangan ini menggunakan model perancangan Prof.Drs.Yongky Safanayong yang kemudian diadaptasi serta dimodifikasi sesuai dengan proses Perancangan Buku Cerita Bergambar 3D Legenda Gunung Arjuna Untuk Menambah Rasa Cinta Budaya Lokal Pada Anak SD.Dimulai dari perumusan latar belakang masalah,identifikasi,pengumpulan data,dianalisa,dan didapatkan konsep perancangan yang menghasilkan sebuah desain final sebagai hasil dari pemecahan permasalahan.

Produk yang dihasilkan berupa cergam berbentuk buku dengan format full colour berukuran 21x14.8cm, memiliki 34halaman, dicetak di atas kertas art paper 150 gram untuk halaman isi dan kertas karton untuk cover.Alur cerita yang dihadirkan dalam perancangan ini adalah kisah Arjuna Pandawa dalam peristiwa lahirnya Gunung Arjuna dan Gunung Wukir di daerah Batu, Malang.Untuk mendukung hasil perancangan,dihasilkan pula media-media promosi seperti stiker,brosur,poster,x-banner,dan lain-lain yang akandigunakan sebagai produk pendamping dalam pemeran.