SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku essay Fotografi Kesenian Seblang kelurahan Bakungan Kabupaten Banyuwangi Sebagai media Peningkatan Potensi Pariwisata

Rusli Ferdian Permana

Abstrak


Kabupaten Banyuwangi adalah kabupaten dengan industri pariwisata yang baru bangkit. setelah sekian lama tidak digarap dengan serius, pada 6 tahun kebelakang industri pariwisata sedikit demi sedikit mulai dikembangkan di kabupaten Banyuwangi. Seiring dengan perkembangan pariwisata di kabupaten Banyuwangi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Banyuwangi pun semakin tinggi, namun kadang informasi yang diterima mengenai kabupaten Banyuwangi belum terlalu mendetail. Rumusan masalah produk ini adalah bagaimana merancang buku buku fotografi kesenian seblang kelurahan Bakungan kabupaten Banyuwangi yang efektif sebagai media promosi pariwisata.

Tujuan perancangan yang diharapkan adalah merancang sebuah buku fotografi yang bisa digunakan sebagai media promosi wisata oleh dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Banyuwangi dan bersifat pengenalan yang mengedepankan latar belakang kebudayaan dan nilai-nilai kebudayaan Banyuwangi sehingga dapat mengangkat kebudayaan Banyuwangi di tingkat nasional dan internasional.

Dalam melakukan perancangan buku fotografi kesenian seblang desa Bakungan ini adalah adalah model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Perancangan bertujuan memecahkan masalah secara sistematis dan faktual mengenai fakta-fakta dan sifat populasi.

Produk menggunakan kertas HVS doff100 gr, teknik pewarnaan dengan menggunakan komputerisasi dan tersaji full colour dan monokrom dengan gaya desain minimalis. Buku ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu pada paketbundling karena disertai dengan batik khas Banyuwangi dan juga udeng khas Banyuwangi. Sehingga diharapkan secara tidak langsung akan memberikan edukasi dan juga menambah rasa cinta terhadap kebudayaan asli Banyuwangi.

Dengan adanya inovasi baru yang menyajikan paket yang berupa kemasan ekslusif, kain batik gajah oleng dan juga udeng khas Banyuwangi ini diharapkan nantinya kesenian tradisional Banyuwangi bisa lebih dikenal luas di masyarakat baik dalam maupun luar negeri.