SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tradisi Tarian Kethek Ogleng di Kediri sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Lukis Gaya Dekoratif

Pandu Putra Winata

Abstrak


 

 

ABSTRAK

 

Winata, Pandu Putra. 2016. Tradisi Tarian Kethek Ogleng di Kediri sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Lukis Gaya Dekoratif. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo, M.Sn.

Kata Kunci: Tradisi, tarian, Kethek Ogleng, karya lukis, dekoratif

 

Seni pada mulanya merupakan proses dari manusia yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa, sehingga merupakan sesuatu yang elok atau indah. Kesenian “Kethek Ogleng” adalah salah satu kesenian rakyat yang sudah lama berkembang di beberapa daerah di Pulau Jawa khususnya bagian selatan, seperti di wilayah Kediri, Pacitan, Wonogiri, dan Gunung Kidul. Kesenian “Kethek Ogleng” sangat erat berkaitan dengan budaya agraris yang menekankan pada kesederhanaan dan keharmonisan. Seiring berjalannya waktu, tari “Kethek Ogleng” perlahan-lahan sudah mulai jarang ditampilkan. Pada era 90-an kegemaran masyarakat Kediri akan kesenian sudah bergeser. Sebagai warisan kebudayaan yang bernilai tinggi, sudah tentu tarian ini harus dipertahankan dan dilestarikan. Oleh karena itu, pencipta mengharapkan dengan dijadikannya sebuah lukisan masyarakat masih tetap dapat mengingat serta mulai melestarikan tarian ini, selain itu pemilihan tari Kethek Ogleng sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis yaitu cerita sendiri dari legenda Panji Asmorobangun dengan Dewi Sekartaji yang mengandung unsur unsur semangat, kelincahan, asmara, perjuangan, kebersamaan, keindahan dan perwujudan dari Kethek Ogleng yaitu kera putih yang menyerupai hanoman.

Tujuan penulisan dan penciptaan karya seni lukis ini adalah untuk mendiskripsikan proses, teknik dan visualisasi penciptaan karya seni lukis gaya dekoratif yang terinspirasi dari tarian Kethek Ogleng.

 

Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan Gaya dekoratif dengan tema menjaga dan melestarikan budaya daerah, ide tari Kethek Ogleng, dan objek sepasang penari yang sudah sedikit disederhanakan. Karya penciptaan ini memiliki karakteristik priabadi yaitu objek sepasang penari Kethek Ogleng yang beroutline, backgraound berpola bentuk geometris dan warna dominan menggunakan warna cerah dan terang. Teknik yang di gunakan yaitu teknik blok, plakat dan goresan detail.

Penciptaan karya seni lukis ini terdiri dari beberapa prosedur penciptaan, diantaranya: menentukan objek dan tema yang akan dituangkan pada lukisan, menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan selama proses penciptaan, mulai melakukan sket pada kanvas, melakukan pewarnaan, dan melakukan pendetailan pada objek.

Hasil dari penciptaan  karya lukis ini adalah visualisasi objek sepasang penari tari Kethek Ogleng. Dalam penciptaan karya lukis ini menampilkan 6 karya lukis.