SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Musik pada Siswa Kelas XI RPL SMK Negeri 1 Palang Menggunakan Model Pembelajaran STAD

Belqiz Rozula

Abstrak


Siswa SMK Negeri 1 Palang memiliki prestasi yang kurang maksimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh model pembelajaran yang belum tepat untuk menunjang proses pembelajaran. Model pembelajaran sebelum penelitian dilakukan hanya dengan menerapkan model ceramah saja. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki  pembelajaran di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK Negeri 1 Palang kabupaten Tuban.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palang pada kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang berjumlah 33 siswa. Dalam prosedur penelitian yang dilaksanakan menggunakan dua siklus dimana disetiap siklus terdapat empat tahapan yang saling berkaitan dalam pelaksanaan penelitian, dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Siklus yang pertama digunakan sebagai perkenalan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) yang belum pernah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Palang khususnya pada kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Siklus ke dua dilaksanakan sebagai pemantapan dari proses belajar pada siklus pertama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan temuan penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus dalam prosedur penelitian, diperoleh hasil pada siklus I ketuntasan belajar sebesar 57,57% dari jumlah siswa 33 yang tuntas belajar sebanyak 19, sedang yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 84,84% dari jumlah siswa 33 siswa yang tuntas sebanyak 28 dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) SMK Negeri 1 Palang Kabupaten Tuban. Pembelajaran dengan model STAD (Student Team Achievement Division) sangat baik untuk pembelajaran mata pelajaran seni budaya yang pada dasarnya sesuai dengan KD yang mengharuskan siswa mengerjakan tugas secara berkelompok.