SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR PENYAJIAN MUSIK KESENIAN TIBAN DI DESA WAJAK KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Agung Zhoharil Mustofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustofa, Agung Zhoharil. 2016. Struktur Penyajian Musik Kesenian Tiban didesa Wajak Kidul kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn., Pembimbing (II) Tri Wahyuningtyas S.Pd, M.Si

 

Kata kunci: Musik, Kesenian Tiban, Desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu.

Kesenian Tiban di desa Wajak Kidulmemiliki rangkaian  urutan pada setiap penyajian iringan musiknya. Kesenian Tibanyang ada di padepokan Wajak Surontani merupakan kesenian Tiban yang secara struktur penyajianya pada bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup mempunyai keunikan pada instrumen sebagai pendukung dan gendhing yang dipakemkan pada setiap pertunjukanya.  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Struktur Penyajian Musik Kesenian Tiban di desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Padepokan Wajak Surontani desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Narasumber dalam penelitian ini adalahRomelan, Mohadi, dan Suryadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data mulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kesenian Tiban di desa Wajak Kidul memiliki struktur penyajian musik sebagai berikut; pada bagian pembuka memilikigendhing Rengeng-rengeng dengan Instrumen musik berupa gambang dangong suwuk. Bagian inti kesenian Tibandesa Wajak Kidul memiliki gendhing Dolanan, gendhing Dolanan tersebut berupa gendhing Sluku-sluku Batok yang menggunakan instrumen musik berupakendang gedhe, gambang, kenthongan, kenong, dan gong suwuk. Setelah itu pada bagian penutup yaitu gendhing Girong yang menandakan suatu akhir dari pertunjukan kesenian Tiban yang sedang berlangsung, dengan menggunakan instrumen musik berupa kendang gedhe, gambang, kenong, dan gong suwuk.

Kesimpulan dari penelitian ini adalahterdapat struktur penyajian pada musik pengiring kesenian Tiban di desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Saran bagi peneliti diharapkan adanya penelitian lebih lanjut tentang bentuk penyajian musik pada pertunjukan kesenian Tiban.

Kesimpulan dari penelitian ini adalahterdapat struktur penyajian pada musik pengiring kesenian Tiban di desa Wajak Kidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Saran bagi peneliti diharapkan adanya penelitian lebih lanjut tentang bentuk penyajian musik pada pertunjukan kesenian Tiban.