SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Media Promosi Band Indie Beeswax Melalui Single "Refugee"

Ericko Herlando

Abstrak


ABSTRAK

Herlando, Ericko. 2016. Perancangan Media Promosi Band Indie Beeswax Melalui Single "Refugee". Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Program Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.

Kata Kunci: 'Beeswax', media promosi, band indie, single "Refugee".

Beeswax adalah salah satu band berasal dari kota Malang yang dibentuk pada akhir 2014. Beeswax mempunyai karya lagu yang tergolong unik. dalam segi prestasi Beeswax sudah malang-melintang di beberapa event indie di Indonesia. Dengan sejumlah prestasi yang sudah diraih, Beeswax masih mempunyai beberapa kekurangan dalam hal berpromosi. promosi yang sudah dilakukan berupa penyebaran lagu secara online dan melalui media CD.

Tujuan dari perancangan media promosi band indie Beeswax melalui single "Refugee" ini adalah untuk meningkatkan promosi bandBeeswax dalam peluncuran single terbarunya yang berjudul "Refugee" agar lebih dikenal oleh masyarakat. 

Metode yang digunakan dalam perancangan ini dilandasi oleh teori dari Sanyoto Sadjiman (2006). Teknik yang digunakan untuk menyatukan data-data yang telah ada adalah identifikasi, analisis, sintesis, konsep perancangan, visualisasi desain, dan desain final. Kerangka teori dikumpulkan dari beberapa sumber yang berasal dari observasi, wawancara, buku dan internet.

Perancangan ini menghasilkan media utama berupa video klip dengan durasi 4 menit dengan ide cerita yang berasal dari lirik lagu "Refugee". Didalam video klip tersebut menceritakan tentang seorang pemuda yang dalam hidupnya dianggap seperti boneka, dimana dia tidak pernah mendapatkan perhatian dari orang-orang disekitarnya. Dan untuk mendukung promosi band Beeswax diperlukan media pendukung berupa video teaser dengan durasi 30 detik untuk melakukan promosi melalui media sosial dan juga bisa digunakan sebagai bumper saat Beeswax sedang melakukan konser. kemudianboxset yang berisi beberapa merchandise dari band Beeswax yaitu kaos, flashdisk, stiker, buku profile band Beeswax, dan poster yang digunakan untuk mempromosikan band indie Beeswax melalui single"Refugee".

ABSTRACT

Herlando Ericko. 2016. Indie Band Campaign Media Design Beeswax Through Single "Refugee". Thesis, Department of Art and Design, Visual Communication Design Program, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.

Keywords: 'Beeswax', promotion media, indie band, single "Refugee".

Beeswax is one of the band comes from the city of Malang that was formed at the end of 2014. Beeswax has a track work that is unique. in terms of achievement Beeswax has been crisscrossing some indie events in Indonesia. With a number of accomplishments already achieved, Beeswax still has some shortcomings in terms of promotion. promotion has been done in the form of the spread of songs online and via CD media.

The purpose of designing a media campaign through a single Beeswax indie band "Refugee" is to enhance the promotion of the band Beeswax in the launch of a new single titled "Refugee" to be more recognized by the public.

The method used in this design is based on the theory of Sanyoto Sadjiman (2006). The technique used to integrate data that has been there is the identification, analysis, synthesis, design concept, design visualization, and the final design. The theoretical framework gathered from several sources derived from observation, interviews, books and the internet.

This design resulted in major media such as video clips with length of 4 minutes with the story idea came from the lyrics of the song "Refugee". In the video clip tells the story of a young man in her life is considered as a doll, which he never get the attention of the people around him. And to support the promotion of the band Beeswax needed media support in the form of a teaser video with a duration of 30 seconds to do promotions through social media and can also be used as a bumper when Beeswax is doing a concert. then boxset which contains some of the band's merchandise Beeswax namely shirts, flash, stickers, books Beeswax band profile, and posters were used to promote indie band Beeswax through a single "Refugee".