SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KERAJINAN GERABAH DESA BANYUMULEK, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT, NTB.

MUH. HELMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Helmi Muh. 2016. Kerajinan Gerabah Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Skripsi, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Purwatiningsih, M.Pd.

Kata Kunci: Kerajinan, Gerabah, Banyumulek.

Kerajinan keramik gerabah merupakan kerajinan yang telah lama dikenal Masyarakat Indonesia. Salah satu sentra kerajinan keramik gerabah di Pulau Lombok, NTB, terletak di Desa Banyumulek. Produk keramik gerabah Banyumulek dikenal memiliki berbagai macam fungsi dan bentuk. Belum banyak penelitian tentang proses dan bentuk desain keramik gerabah Banyumulek, maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji dalam sebuah penelitian.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal tentang kerajinan keramik gerabah di Desa Banyumulek, yaitu mencakup (1) Proses pembuatan keramik gerabah di Desa Banyumulek. (2) Desain struktural ragam hias keramik gerabah di Desa Banyumulek.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data berupa kata-kata, hasil karya dan tindakan dalam proses berkarya keramik gerabah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan alisis data dimulai dari tahap reduksi, paparan dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan trianggulasi sumber data untuk menjaga keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, kategorisasi, sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja.

Hasil analisis data menggambarkan bahwa, (1) Proses pembuatan keramik gerabah di Desa Banyumulek adalah pembentukan, pembakaran dan dekorasi. Contoh produk keramik gerabah yang dihasilkan adalah asbak, kendi, tempayan atau gentong, kap lampu, hiasan dinding dan peralatan rumah tangga. (2), Desain struktural ragam hias dan dekorasi keramik gerabah di Desa Banyumulek. Bentuk keramik gerabah di Banyumulek kebanyakan berbentuk geometrik yaitu lingkaran pada dasar bentuk keramik gerabah. Para pengrajin masih menggunakan meja putar manual.Ukuran yang dihasilkan bervareatif bentuknya, dari yang ukuran kecil 6 cm sampai dengan ukuran besar 1 meter. Desain dekorasi pada keramik gerabah di Banyumulek menggunakan teknik pillin tempel, pincing, slab dan teknik gores.

Dekorasi dilakukan setelah pembakaran menggunakan cat. Cat tembok, cat minyak dan mowilex. Teknik yang diterapkan adalah teknik tempel, teknik gores, teknik anyaman, dan lukis (engobe). Dekorasi yang menjadi ciri khas keramik gerabah di Desa Banyumulek adalah menggunakan tekni lukis gerabah dengan mengunakan cat tembok (engobe) dan menggunakan teknik anyam dengan bahan rotan. Motif yang digunakan untuk dekorasi adalah bentuk geometris dan non geometris.