SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembacaan Pada “Kata Cinta” dan “Cinta Berkaki” Karya Lukis Heri Catur

Ganez Radisa Yuniansyah

Abstrak


ABSTRAK

Yuniansyah, Ganez Radisa. 2016. Pembacaan Pada “Kata Cinta” dan “Cinta Berkaki” Karya Lukis Heri Catur. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd., (II) Ike Ratnawati, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Pembacaan, Kata Cinta, Cinta Berkaki, karya lukis, Heri Catur, kritik holistik.

 “Kata Cinta” dan “Cinta Berkaki” merupakan dua buah karya lukis karya seniman Malang Heri Catur yang menjadi objek dalam penelitian ini. Secara visual kedua karya lukis tersebut mampu meresahkan diri peneliti untuk mau menelitinya. Kegelisahan tersebut diakibatkan karena beberapa hal dari karya lukis tersebut, diantaranya: visual yang dinamis, raut kaligrafis pada lukisan, dan ide/gagasan seniman di balik karya-karya tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam kedua karya lukis tersebut melalui analisa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik holistik. Ketiga komponen kehidupan seni meliputi seniman, karya seni dan penghayat menjadi sumber informasi yang digunakan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan untuk menjaring data adalah metode wawancara,observasi, dan analisa dokumen. Paparan data yang dihasilkan berupa deskripsi, analisis formal, dan interpretasi. Data-data tersebut yang digunakan dalam sintesa untuk menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam kedua karya seni tersebut.

Berdasarkan hasil analisis sintesa, diperoleh kesimpulan nilai pada masing-masing karya lukis. Pertama, pada karya lukis berjudul“Kata Cinta” diperoleh kesimpulan nilai berupa nilai artistik yang berasaldari nilai intrinsik-artistik karya lukis tersebut. Nilai artistik ini peneliti tarik dari visual garis kaligrafis yang tercipta dari goresan ekspresif sang seniman pada karya lukis. Selain nilai intrinsik-artistik terdapat pula nilai isi (content) yang merujuk pada nilai pesan hidup dan nilai sosial. Kedua, pada karya lukis berjudul “Cinta Berkaki” didapatkan kesimpulan nilai berupa nilai filsafat hidup yang muncul dari tema lukisan yang menggambarkan keadaan Heri Catur saat menghadapi suatu pilihan hidup di tahun 2014, dan nilai filsafat yang mengarah pada pencarian kebenaran hidup hakiki secara personal yang terwujudkan dalam penafsiran nilai kehidupan yang bisa dijadikan pijakan menuju kehidupan yang lebih baik.

Hasil penelitian pada dua karya lukis Heri Catur ini, selain bisa digunakan sebagai refleksi tentang wacana karya oleh seniman, besar harapan hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan sebagai referensi oleh peneliti lain, dan bahkan bisa digunakan sebagai media ajar atau media apresiasi para guru dalam mengajar.