SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN FILM DOKUMENTER KESENIAN BANTENGAN “BANTENG LERENG PANDERMAN” DALAM UPAYA PELESTARIAN BUDAYA LOKAL

DIMAS WAHYU PERMADI

Abstrak


Wahyu, Dimas. 2016. Perancangan Film Dokumenter Kesenian Bantengan “Banteng Lereng Panderman” Dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Gunawan Susilo S.Sn, M.Sn.

‘Kesenian bantengan’ merupakan salah satu kesenian yang dimiliki Kota Batu, saat ini kesenian tersebut mulai muncul kembali di beberapa wilayah Kota Batu. Perancangan film dokumenter ini adalah sebagai media informasi untuk memperkenalkan ‘Kesenian Bantengan’ kepada masyarakat. Media ini dipilih karena dapat mempresentasikan sebuah informasi melalui bentuk audio dan visual.

Perancangan ini menggunakan metode prosedural ,yaitu metode yang menggunakan langkah kerja untuk menghasilkan suatu produk. Metode yang digunakan merupakan pengembangan metode yang diadaptasi dari Fajar Nugroho dengan tahapan dasar praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Metode ini kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam perancangan film dokumenter ‘Kesenian Bantengan’ untuk menghasilkan sebuah produk baru sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Perancangan menghasilkan film dokumenter berjudul “Banteng Lereng Panderman”, dengan durasi 23 menit. Media pendukung dalam perancangan film dokumenter ini yaitu teaser film, baliho, x-banner, danjuga merchandise yang berupa topi dan kaos.