SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK RESIKO KEPUNAHAN LUTUNG JAWA DI ALAM LIAR

RAZZI AL ALIMANNAFI AKBAR

Abstrak


Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) adalah salah satu primate endemik Indonesia yang terancam punah di alam liar. Lutung Jawa telah ditetapkan sebagai satwa dilindungi sejak tahun 1999. Faktor-faktor yang menyebabkan populasi Lutung Jawa kurang adalah semakin sempit habitat mereka serta perburuan liar. Lutung Jawa diburu untuk dikonsumsi sebagai obat, makanan, dan diperdagangkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan kampanye melalui iklan layanan masyarakat. Perancangan iklan layanan masyarakat ini mengadaptasi model perancangan dari Rhenald Kasali dan model perancangan Heru Effendy, yaitu: (1) penemuan masalah,(2) identifikasi data dananalisis data, (2) menentukan tujuan iklan, (3) menentukan tema iklan, (4) perencaaan media, (5) menulis naskah, (6) perencanaan dan persiapan, (7) perekaman gambar dan suara, (8) editing dan (9) rendering. Data untuk pembuatan iklan layanan masyarakat ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Iklan layanan masyarakat ini diharapkan dapat membantu Lutung Jawa sebagai satwa langka dilindungi dan dapat mengurangi perburuan liar serta perdagangan Lutung Jawa di masa yang akan datang. Produk promosi berupa poster, billboard, video teaser sosial media, poster sosial media, web banner dan merchandise untuk keperluan menggalang dana dalam kampanye.