SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN PICTURE BOOK SEPUTAR DKV SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGANTAR WAWASAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

ADETYA CAKRAWALA ANUGRAH

Abstrak


ABSTRAK

Anugrah Adetya Cakrawala. 2016. Perancangan Picture Book Seputar DKV sebagai Media Informasi Pengantar Wawasan Desain Komunikasi Visual. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. and (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn.

Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, DKV, picture book, seputar, pengenalan

Desain Komunikasi Visual merupakan bidang studi yang mempelajari dan merancang media komunikasi yang bersifat kasat mata (visual). Jika diibaratkan sebuah pohon, akar utama dari DKV (Desain Komunikasi Visual) adalah ilmu seni dan ilmu komunikasi. Desain Komunikasi Visual memiliki cabang ilmu yang banyak sekali, yang mana meliputi: ilustrasi, fotografi, videografi, tipografi, animasi, periklanan, desain identitas, desain kemasan, dll. Kehadiran Desain Komunikasi Visual bukan hanya ada di kota-kota besar Indonesia saja namun telah sampai ke mancanegara. Produk yang dihasilkan Desain Komunikasi Visual sangatlah dekat dengan kehidupan masyarakat moderen masa kini. Namun sayangnya, masyarakat belum terlalu mengenal tentang DKV (Desain Komunikasi Visual) dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya media atau instrumen untuk mengenalkan dan mengajarkan masyarakat tentang Desain Komunikasi Visual.

Media yang dirasa efektif untuk mengenalkan DKV pada masyarakat awam (khususnya generasi muda) yaitu picture book atau dalam bahasa Indonesia berarti buku bergambar/buku ilustrasi. Picture book merupakan buku yang didominasi oleh unsur gambar. Tema dan bahasanya dari perancangan picture book ini adalah pengenalan Desain Komunikasi Visual. Konten buku ini dirancang lebih sederhana agar lebih mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Hal ini diharapkan dapat mengenalkan DKV pada masyarakat dengan lebih baik dan dengan cara yang tepat dan kreatif.