SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BILINGUAL “AARON AND ANNA” UNTUK ANAK-ANAK

EFRISSHA AN NISA AMALIA

Abstrak


ABSTRAK

An nisa Amalia, Efrisha. 2016. Perancangan Buku Cerita  Bergambar Bilingual “Aaron and Anna” Untuk Anak-Anak. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M. Sn (II) Rudi Irawanto, S. Pd, M. Sn

 

Aaron and Anna adalah pengembangan cerita dari dongeng Hansel and Gretel.  Banyak dari buku dongeng yang kurang memberikan nilai moral yang positif  bagi anak dikarenakan anak-anak masih sulit memahami dan memilah mana yang nyata dan fiktif , sedangkan saat ini banyak dongeng yang selalu membuat tokoh tertentu menjadi sosok yang jahat, sehingga berbahaya jika anak menjadikan dongeng sebagai pedoman hidup.

Hal tersebut yang memicu untuk merancang sebuah buku ilustrasi yang tidak hanya digemari namun juga bermanfaat, yaitu buku cerita dongeng dengan judul Aaron and Anna. Buku ilustrasi yang akan dirancang akan merubah persepsi anak terhadap icon tokoh jahat yang selama ini terdapat pada dongeng-dongeng.

Metode perancangan yang digunakan yaitu menggunakan perancangan procedural. Model perancangan yang dipilih yaitu metode perancangan dari Bruce Archer yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penulis mulai dari latar belakang masalah, data, analysis,  sintesis, konsep perancangan, dan terakhir yaitu proses perancangan hingga menghasilkan final design.

Metode penyampaian dongeng higga saat ini sangat beraneka ragam. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu perancangan buku ilustrasi. Perancangan buku ilustrasi melalui beberapa tahapan, yaitu breakdown karakter dari rought sketch, comprehensive, hingga final design. Teknik yang digunakan untuk merancang buku ilustrasi ini adalah menggunakan teknik vector pada software Corel Draw X.7, serta menggunakan warna-warna yang kontras dan terang, serta karakter yang unik sehingga dapat menarik minat sesuai dengan target market.

Perancangan akan menciptakan karya produk berupa buku ilustrasi dengan dengan judul Aaron and Anna dan disertai beberapa permainan disertai denga bahasa asing bertujuan agar anak tidak hanya membaca, namun juga dapat belajar dan bermain. Adapun produk yang akan dihasilkan yaitu buku bergambar bilingual Aaron and Anna, merchandise seperti tote bag, kotak pensil, note, gantungan kunci,  dan media promosi berupa x-banner, poster, dan stiker