SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK USIA DINI

RAHMA FEBRI DAMAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

Damayanti Rahma Febri. 2016. PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI PADA ANAK USIA DINI. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Sarjono, M.Sn

Kata Kunci: Perancangan, Buku cerita bergambar, Karakter Islami, Anak usia dini

Pendidikan Karakter adalah suatu konsep yang diterapkan sejak usia dini untuk menjadikan orang tersebut berakhlak, dan berperilaku yang baik. Pembentukan karakter anak berlangsung sejak usia dini. Pada usia dini yang sering disebut fase golden age,  pembentukan karakter pada anak berkaitan erat dengan moral dan kepribadian. Dalam membentuk karakter anak usia dini, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan mencakup aspek sikap dan perilaku sehingga dapat menjadikan anak sebagai manusia yang bertakwa, berilmu, dan berakhlak mulia.

Telah dilakukan perancangan yang bertujuan untuk menghasilkan media berupa buku cerita bergambar sebagai media dalam membentuk karakter islami pada anak usia dini yang sesuai untuk target audience. Perancangan Buku cerita bergambar ini menggunakan model perancangan milik Sumarwahyudi. Data untuk pembuatan perancangan buku cerita bergambar ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Perancangan buku cerita bergambar ini diharapkan bisa menjadi media yang tepat sebagai pendukung untuk mengembangkan karakter  islami anak sejak usia dini.