SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU POP UP “OCA SAHABAT PRIMATA” UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

KARNELLIA SISKA KRISTININGRUM

Abstrak


ABSTRAK

Kristiningrum Karnellia Siska. 2016, Perancangan Buku Pop Up “Oca Sahabat Primata” Untuk Anak Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman, S.Sn., M.Sn., (II) H. J. Hendrawan, S.Sn, M.Ds.

Kata Kunci: Pop Up, Primata.

Menurut IUCN beberapa macam primata asli Indonesia telah masuk daftar punah, yaitu: Kukang Jawa, Orangutan Sumatera, dan Simakobu. Pembuatan buku pop ini bertujuan sebagai sarana belajar dan pengenalan anak terhadap jenis primata yang terancam punah.

Belum banyak media untuk anak-anak yang membahas primata asli Indonesia, maka dari itu perlu dibuat media yang mengenalkan kepada anak tentang beberapa jenis primata asli Indonesia yang terancam punah, penyebab, dan cara penanganannya.

Perancangan media ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif milik Yongky Safanayong dan Sanyoto. Sanyoto yang memilih urutan langkah dari penentuan latar belakang dan tujuan masalah perancangan, identifikasi data, analisa, konsep perancangan, proses produksi, dan desain final.

Perancangan ini menghasilkan ensiklopedia yang memuat tema primata asli Indonesia yang terancam punah, memiliki dimensi ukuran 24 x 3 x 20 cm, terdiri dari 22 halaman. Menggunakan unsur visual kartun dengan pemakaian warna-warna pastel dan cerah yang sesuai untuk anak-anak didukung dengan media lain seperti t-shirt, tumbler, tas, pin, x-banner, buku panduan, dan poster.

Melalui hasil perancangan media ini, diharapkan anak-anak bisa mengetahui beberapa macam primata asli Indonesia yang terancam punah, yaitu Kukang Jawa, Orangutan Sumatera, Simakobu.