SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI OBYEK WISATA RELIGI KEDIRI

EKA CAHYA WINANTYA PUTRA

Abstrak


Putra Eka Cahya Winantya. 2016. Perancangan Media Promosi Obyek Wisata Religi Kediri. Skripsi, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum, (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.

 

Kata Kunci: Perancangan, Media Promosi, Obyek Wisata Religi, Kediri

Banyak sekali potensi wisata yang terdapat di Kota dan Kabupaten Kediri, terutama potensi wisata religi seperti, Situs Setono Gedong, Pura Sekartaji, Klenteng Tjoe Hwie Kiong, Gua Maria Puhsarang, dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo. Tetapi kurangnya dukungan promosi menjadi salah satu kendala dalam pengembangan wisata religi yang ada di Kediri.

Tujuan dari perancangan media promosi wisata religi Kediri adalah untuk  meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan yang mengunjungi obyek wisata religi di Kediri.

Perancangan ini menggunakan model perancangan metode dari Sanyoto. Tahapan perancangan berawal dari merumuskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan perancangan, identifikasi data, sintesis, konsep perancangan media utama dan media pendukung, dirancang melalui tahap perencanaan media dan perencanaan kreatif, yang kemudian menghasilkan desain final.

Hasil perancangan ini adalah berupa video tentang wisata religi di Kediri berdurasi 60 detik dan berukuran 1280 x 720 px, poster berukuran A1, leaflet berukuran three fold, x-banner berukuran 160 x 60 cm, dan katalog wisata berukuran 27 x 21 cm.