SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU KATALOG KOLEKSI SATWA & FASILITAS KEBUN BINATANG SURABAYA SEBAGAI MEDIA INFORMASI

AGENG TIYOH PURNOMO

Abstrak


ABSTRAK

Purnomo Ageng Tiyoh 2016.Perancangan Buku Katalog Koleksi Satwa & Fasilitas Kebun Binatang Surabaya Sebagai Media Informasi. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn.

Kata Kunci: perancangan, buku katalog, media, informasi, koleksi satwa, fasilitas, kebun binatang surabaya.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) Didirikan pada tanggal 31 agustus 1916 pada saat rezim Belanda menjadikan Kebun Binatang Surabaya sebagai kebun binatang tertua yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, Kebun Binatang Surabaya pernah menjadi kebun binatang yang memiliki satwa terlengkap di Asia Tenggara (situs resmi pemerintah www.surabaya.go.id). Hal tersebut memperlihatkan potensi besar Kebun Binatang Surabaya sebagai salah satu objek wisata di kota Surabaya. Ruang terbuka hijau yang luasnya sekitar 85.000 m2 juga menjadi daya tarik tersendiri, karena di kota Surabaya sendiri saat ini minim ruang terbuka hijau.

Elemen visual yang digunakan menggunakan perpaduan gaya vector dan bitmap. Dengan tema yang di ambil penasaran yang dimana selalu memberikan visual yang membikin pengunjung untuk mengulik informasi lebih dalam serta lengkap dari perancangan buku katalog tersebut.

Model perancangan yang digunakan untuk merancang buku ini adalah model perancangan Prosedural dan menggunakan model perancangan dari Sanyoto yang telah dimodifikasi dan dikembangkan menyesuaikan kebutuhan kerangka perancangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi melihat aktivitas dari pengunjung wisata, media desain baik indoor maupun outdoor. Wawancara dengan bertanya pada staff bagian komunikasi tentang perkembangan KBS, sejarah , visi & misi serta program kedepannya dalam memajukan wisata KBS. Dan dokumnetasi mengenai satwa dan informasinya, fasilitas yang di sajikan, serta ruang lingkup KBS.

Perancangan buku katalog koleksi satwa dan fasilitas pada kebun binatang surabaya dalam upaya memberikan informasi kepada khalayak dengan harapan agar mendapatkan informasi secara lengkap tanpa harus menjelajahi semua tempat.