SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

perancangan media promosi department store ramayana berbasis motion grafis

ALMANTYO KUFFAL0

Abstrak


ABSTRAK

Almantyo Kuffal 2016 Perancangan Media Promosi Department Store Ramayana Khusus Hari Kemerdekaan Berbasis Motion Grafis Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs. Sarjono, M.Sn dan Mohamad Sigit, S.Sn.

Kata Kunci: Promosi,Motion Graphic, Kemerdekaan, Department Store Ramayana Malang

Department Store merupakan ritel yang menjual produk komoditi fashion yakni pakaian, tas, yang dibuat untuk umum dengan system pembelian chas atau secara Online, salah satunya adalah Department Store Ramayana. Department Store Ramayana yang dikelola oleh PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk. Telah tumbuh dan berkembang seiring dengan terus meningkatnya daya beli rata-rata masyarakat Indonesia. Sehingga, Ramayana kini telah menjadi pemimpin pasar dalam segmen retail menengah-bawah.

Dengan berkembangnya zaman, semakin banyaknya kebutuhan manusia terhadap fashion maka muncullah beberapa pesaing seperti matahari dan sarinah Department Store. Persaingan pasar tidak hanyadiukurdari segi produk yang dijual, Namunjugadari segi promosi.

Maka dari itu dibutuhkan media promosi yang dapat dipahami dan dapat mengalihkan pandangan masyarakat serta memberikan pengaruh psikologis  terhadap  masyarakat yang melihat dan dapat menstimulus pesan tersebut dengan penekanan informasi yang kuat dalam penyampaian Informasi, agar Department Store Ramayana kedepannya dapat terus bersaing.

Media berupa motion graphicdapat menjadi salah satu media alternatif yang efektif , pada perancangan kali ini media promosi yang akan dirancang  difokuskan pada event hari kemerdekaan, maka konsep yang dirancang untuk motion graphic ini adalah bagaimana menvisualkan arti dari kemerdekaan tersebut. Department Store Ramayana ingin menunjukan   kepada masyarakat, bahwa kemerdekaan saat ini dapat diartikan dengan kebebasan berpenampilan atau kebebasan bergaya.