SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TENTANG TEMPAT BERSEJARAH DI SURABAYA (1855-1930) SEBAGAI TUJUAN WISATA HERITAGE DENGAN GAYA ILUSTRASI ROUGH SKETCH

lukman satriya rahmanto

Abstrak


Rahmanto, Lukman Satriya 2016. Perancangan Buku Ilustrasi Tentang  Tempat  Bersejarah  Di Surabaya Sebagai Tujuan Wisata Heritage Dengan Gaya Ilustrasi Rough Sketch. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) M. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn. (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn.

Kata Kunci : Perancangan Buku Ilustrasi Tentang  Tempat  Bersejarah  Di Surabaya Sebagai Tujuan Wisata Heritage Dengan Gaya Ilustrasi Rough Sketch

Surabaya merupakan satu dari sekian banyak kota besar di Indonesia yang dijadikan basis perkembangan perekonomian dan pemerintahan jaman penjajahan Belanda. Sebagai bukti perkembangan Surabaya di era kolonialisme adalah banyaknya sisa-sisa bangunan belanda yang masih berdiri kokoh dan masih difungsikan hingga kini dan bahkan banyak dari bangunan tersebut dijadikan pusat kegiatan pemerintahan Surabaya dan masih terawat hingga kini. Beberapa bangunan peninggalan tersebut ada yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang terjadi di Surabaya.

Bangunan-bangunan peninggalan tersebut juga memiliki keindahan dari gaya arsitektur yang khas dengan jaman kolonial. Arsitektur tersebut menambah daya tarik dari gedung-gedung kuno di Surabaya. Yang seharusnya bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai sarana wisata sejarah untuk pendidikan atau rekreasi. Banyak bangunan yang jarang diketahui oleh masyarakat dari cerita maupun lokasi dari bangunan atau tempat heritage tersebut karena kurangnya sarana informasi yang dibuat. Maka dari itu dirancanglah sebuah buku tentang tempat bersejarah di Surabaya yang di konsep dengan ilustrasi sebagai daya tarik dari buku ini. Sebagai media informasi jika ingin berwisata heritage di Surabaya.

Elemen visual utama yang digunakan yaitu ilustrasi agar lebih mudah diingat namun tetap dengan penambahan teks informasi tentang bangunan bersejarah tersebut. Ilustrasi yang digunakan di buku ini menggunakan gaya ilustrasi rough sketch, ilustrasi yang menyerupai sketsa dengan outline dan garis-garis arsir yang kasar namun tetap mewakili dari bentuk bangunan tersebut

Model perancangan yang digunakan untuk merancang buku ini adalah model perancangan Prosedural dan menggunakan model perancangan dari Sanyoto yang telah dimodifikasi dan dikembangkan menyesuaikan kebutuhan kerangka perancangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi melihat bagaimana kondisi atau bentuk dari bangunan tersebut. Wawancara dengan bertanya pada msayarakat sekitar bangunan tersebut tentang bangunan tersebut. Dan pengkajian dokumen tentang bangunan tersebut melalui buku sejarah.

Perancangan buku ini bisa sebagai media informasi atau pendidikan tentang sejarah yang dikemas dengan visual Rough Sketch sebagai daya tarik utama dari buku ini. Dan sebagai media promosi kota Surabaya melalui sisi sejarahnya yang menarik, terlihat pada bangunan-bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur khas dari bangsa Belanda. Dan memperkenalkan kembali tentang sejarah-sejarah yang ada di Surabaya.