SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kasus Mahasiswa S1 Pendidikan Seni Rupa Konsentrasi Desain 2012/2013 Universitas Negeri Malang Yang Memprogram Skripsi Pada Semester Genap

ADITHYA PRATAMA

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sedikit mahasiswa Pendidikan Seni Rupa konsentrasi desain yang memilih skripsi jenis non pengembangan dibanding memilih skripsi pengembangan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dosen metodologi penelitian tidak membekali mahasiswa dengan metodologi skripsi non pengembangan, hanya metodologi skripsi pengembangan saja yang lebih difokuskan. Hal ini tentunya berdampak pada mahasiswa dalam terpengaruh opini pengembangan dari dosen metodologi penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab mahasiswa Pendidikan Seni rupa konsentrasi desain Universitas Negeri Malang memilh skripsi jenis non pengembangan, sehingga dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi perencanaan dan pengembangan program atau evaluasi pada program studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu mahasiswa Pendidikan Seni Rupa konsentrasi desain angkatan 2012/2013 yang memilih skripsi jenis non pengembangan pada semester genap sebagai sumber data utama, dan proposal mahasiswa sebagai sumber data pendukung. Data penelitian diperoleh dari wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Pengecekan keabsahan data temuan dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, bahan referensi, dan member check.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal yang menyebabkan mahasiswa memilih skripsi jenis penelitian pada semester genap adalah (1) faktor niat dan motivasi, (2) faktor keinginan pribadi mahasiswa, (3) faktor kemampuan mahasiswa, dan (4) faktor motivasi berupa tujuan mahasiswa mengambil skripsi jenis penelitian. Sedangkan faktor eksternal yang menyebabkan mahasiswa memilih skripsi jenis penelitian pada semester genap adalah (1) permasalahan di lingkungan kampus, (2) faktor teman dan (3) faktor masyarakat berupa pengaruh  mass media.