SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN DESAIN KEMASAN UKM “RISMA” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN SURABAYA UTARA DALM UPAYA MEREBUT PANGSA PASAR

Nita Kurniawati

Abstrak


Kurniawati Nita 2016.Perancangan Desain Kemasan UKM “Risma” Sebagai Produk Unggulan Dalam Upaya Merebut Pangsa Pasar. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

Kata Kunci : Desain Kemasan , Risma, Pangsa Pasar

Surabaya memiliki berbagai tempat wisata, salah satunya yaitu pantai kenjeran. Di daerah kenjeran terdapat banyak UKM yang memproduksi hasil olah laut. UKM “Risma” merupakan pusat produksi kerupuk laut khas Kenjeran. Beberapa produk ungulan dari UKM “Risma” seperti lorjuk, terung, teripang, dan telor teripang sangat digemari oleh wisawatan yang berkunjung. Namun kemasan yang digunakan untuk produknya masih menggunakan plastik biasa dan belum bisa bersaing dengan produk oleh-oleh lainnya. Oleh sebab itu UKM “Risma” memerlukan perancangan desain kemasan pada produk unggulannya.

Perancangan desain kemasan ini bertujuan untuk merebut pangsa pasar dan memaksimalkan fungsi kemasan yang tidak hanya sebagai pelindung produk. Hasil yang diharapkan dari perancangan desain kemasan ini adalah meningkatnya promosi dan daya saing pda produk unggulan UKM “Risma”.

Perancagan ini menggunakan metode dari Sadjiman Ebdi Sanyoto, Pengumpulan data dengan cara wawancara,observasi, dan dokumentasi menghasilkan data kemasan yang diperlukan oleh UKM “Risma” diantarannya kemasan primer, kemasan sekunder dan tersier.

Media pendukung lain yang diperlukan untuk memaksimalkan daya tarik pangsa pasar adalah iklan majalah, poster, brosur, flyer, dan x-banner.