SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

studi tentang pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas XII IPS 2 dan XII IPS 4 di SMAN 2 Batu

fiqqi ichwan fauzi

Abstrak


ABSTRAK

Fauzi,Fiqqi Ichwan.2016.Studi Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Kelas XII IPS 2 dan XII IPS 4 di SMA Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sugiyono Ardjaka, M. Sc., Ph. D.

Kata Kunci: Pembelajaran, Mata Pelajaran Seni Budaya, Seni Rupa, SMA

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat rencana pembelajaran salah satunya adalah cara pembelajaran. Penggunaan cara pembelajaran yang tepat akan mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Di SMA Negeri 2 Batu salah satu guru yang bernama Ibu Retno memiliki cara pembelajaran yang berbeda dengan guru lainnya. Cara pembelajarannya adalah mengajarkan materi bidang seni rupa yang berbeda pada beberapa kelas yang diajarnya. Misal di kelas XII IPS 2 materi khususnya adalah seni lukis, sedangkan di kelas XII IPS 4 materi khususnya adalah seni grafis. Cara Pembelajaran ini berbeda dengan yang dibimbing oleh guru mata pelajaran seni budaya lainnya yang mengajarkan satu materi untuk semua kelas yang diajarnya. Oleh sebab itu, model pembelajaran Ibu Retno di kelas XII IPS 4 dan XII IPS 2  serta hambatan pembelajaran menjadi dorongan peneliti untuk melakukan penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru meliputi rencana pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan proses pembelajaran serta hambatan pembelajaran di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data utama adalah guru seni budaya kelas XII IPS 2 dan XII IPS 4 yaitu Ibu Retno dan didukung dengan observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif-kualitatif.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) model pembelajaran yang meliputi aspek model pembelajaran, aspek rencana, aspek metode pembelajaran, aspek media pembelajaran, dan aspek materi pembelajaran. Aspek model pembelajaran yang digunakan adalah project base learning. Sedangkan aspek rencana pembelajaran dan materi pembelajaran guru memberikan materi pembelajaran berbeda kepada beberapa kelas, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, apresiasi, karya cipta dan ekperimen. Untuk media pembelajaran guru menggunakan LCD proyektor, bahan, alat dan media untuk berkarya seni dua dimensi. Selain itu terdapat proses pembelajaran dan evaluasi. Aspek proses pembelajaran terbagi menjadi tiga bagian yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir/penutup, dan dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi; (2) hambatan pembelajaran pada pembelajaran yang dilakukan oleh Ibu Retno pada dasarnya tidak ada hambatan. Hambatan yang pernah dialami meliputi pengetahuan peserta didik, dan fasilitas dari sekolah. Namun semua hambatan tersebut telah dapat diatasi.