SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DESAIN KEMASAN KEMBANG GOYANG “DUA PUTRA MENTARI” MOJOKERTO UNTUK MENINGKATKAN CITRA PRODUK

Titik Fajriyatul Ulumiyah

Abstrak


ABSTRAK

Ulumiyah,Titik Fajriyatul 2016.Desain Kemasan Kembang GoyangDua Putra MentariMojokerto Untuk Meningkatkan Citra Produk. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn.

Kata Kunci :  Kemasan, Kembang goyang, Citra produk

‘Dua Putra Mentari’ memproduksi keripik kembang goyang didirikan Ibu Siti Waqiah sejak April 2010 di Pacet. Namun sampai saat ini kemasan yang digunakan masih sederhana memerlukan perancangan untuk meningkatkan citra produk.

Desain kemasan dirancang disesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu kepada teori desain kemasan, prinsip desain kemasan, manfaat desain kemasan, dan aspek-aspek yang berkaitan erat dengan desain kemasan.

Metode yang digunakan mengacu pada metode Bruce Archer, yaitu metode perancangan prosedural atau perancangan deskriptif. Melalui hasil proses pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemasan yang diperlukan untuk “Dua Putra Mentari” kembang goyang adalah kemasan primer dan sekunder.

Hasil data yang  diproses melalui analisis sebagai langkah awal memvisualkan hasil desain berupa konsep redesain. Memvisualkan hasil desain final serta wujud nyata aplikasi desain kemasan kembang goyang “Dua Putra Mentari”. Desain kemasan kembang goyang “Dua Putra Mentari” diharapkan daya saing antara produk kembang goyang “Dua Putra Mentari lebih unggul dibandingkan dengan produk oleh-oleh lainnya.