SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

REDESAIN KEMASAN “BELVIA” SURABAYA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK

shella mutiara ambarsari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Shella Mutiara Ambar 2016. Redesain Kemasan “Belvia” Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni Dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sarjono, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

Kata Kunci : Redesain kemasan, oleh-oleh khas surabaya, daya saing produk

“Belvia” merupakan home industry di kota Surabaya yang bergerak dibidang bakery dan pastry. Produk unggulan dari “Belvia” adalah mini pie yang merupakan oleh-oleh khas kota Surabaya. Namun sampai saat ini kemasan yang digunakan masih sederhana dan belum mampu untuk bersaing dengan produk oleh-oleh khas Surabaya lainnya. Beberapa konsumen “Belvia” berpendapat desain kemasan mini pie yang digunakan belum maksimal dan masih sederhana. Melihat permasalahan ini “Belvia” memerlukan perancangan untuk redesain kemasan mini pie.

Desain kemasan yang akan dirancang disesuaikan dengan kebutuhan dan mengacu kepada teori desain kemasan, prinsip desain kemasan, manfaat desain kemasan, dan aspek-aspek yang berkaitan erat dengan desain kemasan.

Metode yang digunakan untuk meredesain kemasan mengacu pada metode Bruce Archer, yaitu metode perancangan prosedural atau disebut juga perancangan deskriptif. Melalui hasil proses pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemasan yang diperlukan untuk “Belvia” mini pie adalah kemasan primer dan sekunder.

Hasil data yang telah dikumpulkan diproses melalui analisis sebagai langkah awal memvisualkan hasil desain berupa konsep redesain yang akan digunakan dalam merancang. Setelah konsep tersusun tahapan selanjutnya adalah mevisualkan hasil desain final serta wujud nyata aplikasi redesain kemasan “Belvia” mini pie. Dengan adanya redasain kemasan mini pie “Belvia” diharapkan daya saing antara produk mini pie “Belvia” lebih unggul dibandingkan dengan produk oleh-oleh lainnya.