SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Video sebagai Media Promosi Batik Druju

Rifky Bima Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

Ramadhani, Rifky Bima.2016.Perancangan Video sebagai Media Promosi Batik Druju. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sumarwahyudi, M.Sn dan Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn

Kata Kunci: Media Promosi, Batik Druju

Salah satu kerajinan batik unik dari Malang yaitu batik Druju yang bertempat di desa Druju, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang. Sebagian masyarakat Malang belum mengenal karya batik Druju, padahal batik ini sudah sampai internasional. Promosi adalah upaya yang tepat untuk memperkenalkan dan menawakan produk batik Druju dengan tujuan memberitahukan khalayak umum yang belum mengetahui produk batik Druju, dengan cara menarik perhatian calon pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama supaya tidak beralih ke produk lain yang sejenis.

Untuk memecahkan masalah dan merealisasikan tujuan pembuatan media promosi, maka diperlukan adanya observasi. Dari observasi berupa wawancara dan dokumentasi kita bisa mendapatkan data-data tertulis dan akurat untuk kemudian disimpulkan dalam analisa data.

Setelah mendapatkan konsep karya, hal yang selanjutnya dilakukan yaitu memvisualisasikan ke media promosi yang  memiliki informasi produk dan sesuai untuk mempromosikan batik Druju kepada para konsumen dengan menggunakan video berdurasi 1 menit untuk ditayangkan di videotron, video berdurasi 30 detik untuk ditayangkan di sosial media, x-banner berukuran 160x60 cm, stiker dengan QRCode, kampanye pada media sosial seperti instagram, facebook, dan line, brosur, serta bantal ukuran 30x30 cm dan note book ukuran A5 sebagai merchandise untuk konsumen.