SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Makna Denotatif dan Konotatif Pada Poster Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika Menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes

Hamdan Abyadhi

Abstrak


Film Bulan Terbelah di Langit Amerika merupakan film drama religi yang mengambil lokasi syuting di Amerika. Menjelang pemutaran film tersebut di tahun 2015, terdapat polemik pada media promosi berupa poster film. Tampilan visual poster menuai kontroversi di kalangan masyarakat karena penggunaan corak bendera Amerika pada kerudung salah satu foto pemeran film dalam poster. Lembaga Sensor Film juga sempat mencekal penggunaan poster tersebut, meski akhirnya diperbolehkan dengan beberapa editan pada foto bendera Amerika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna denotasi dan konotasi yang terdapat dalam poster film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Untuk mempermudah penemuan makna, penelitian ini menggunakan teori semiotika milik Roland Barthes.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menjawab tujuan penelitian. Poster film akan dibedah dan dituliskan kembali dalam bentuk deskriptif interpretatif yang menjelaskan makna poster. Objek penelitian didapat dari dokumen Hanum Rais Management yang merupakan sumber primer penelitian. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai peneliti dan instrument penelitian yang bersentuhan langsung dengan objek penelitian. Untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian, dilakukan triangulasi teori.

Dari proses penelitian dihasilkan makna denotatif berupa ciri-ciri umum dari elemen ilustrasi dan elemen tipografi dalam poster. Disamping itu terdapat unsur-unsur poster yang terlihat seperti garis, bidang, warna, gelap terang, tekstur, dan ukuran. Selain itu terdapat makna konotatif poster yang didapat dari perluasan makna dari makna denotatif pada elemen-elemen dalam poster. Pesan tersirat dalam poster film tersebut adalah bahwa negara Amerika tidak melarang agama Islam ada di negara Amerika. Bahkan negara Amerika sangat menjunjung tinggi kebebasan beragama tiap-tiap warganya. Islam menghargai peraturan tentang kebebasan beragama di Amerika dengan bertoleransi antar umat beragama dan menjadi warga negara Amerika yang baik. Ilustrasi bulan terbelah menjadi peristiwa yang menandakan bahwa Islam merupakan agama yang baik dan tidak menginginkan perpecahan antar umat manusia.