SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Animasi 3 Dimensi Tentang HIdroponik Untuk Anka-Anak

Reza Adhitya Ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

Ardiansyah, Reza Adhitya. 2016. Perancangan Film Animasi 3 Dimensi Tentang Hidroponik Untuk Anak-anak. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto, M.Hum. (II) Gunawan Susilo,S.Sn, M.Sn

Kata Kunci: Perancangan, Film Animasi, Hidroponik.

Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Selain mengatasi masalah lahan pertanian yang semakin berkurang, hidroponik juga meningkatkan kualitas sayuran yang ditanam. Salah satu cara bertanam hidroponik yang paling mudah diterapkan adalah hidroponik sistem wick. Sistem hidroponik ini perlu dikenalkan kepada anak- anak agar mereka mengetahui bahwa ada sistem seperti ini yang bisa menghasilkan sayur dan buah yang lebih berkualitas. Hidroponik perlu dikenalkan kepada anak-anak sebagai pengetahuan dan bekal agar bisa digunakan dikemudian hari. Sehingga butuh media lain untuk mengajarkan hidroponik untuk anak-anak, salah satunya adalah film animasi. Sebelumnya sudah ada media berupa film animasi, namun media tersebut memiliki visual yang kurang menarik dan konten yang sulit dimengerti anak-anak. Konten film yang mempunyai karakter lucu, komposisi warna yang menarik serta cerita yang menarik dan mudah dipahami membuat film animasi banyak disukai anak-anak.

Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk dimana menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Moeljadi Pranata. Langkah-langkah prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, dilanjutkan dengan analisis dan sintesis yang kemudian dijadikan sebuah konsep baik secara visual maupun secara isi komunikasi sebelum akhirnya dijadikan sebuah produk perancangan.

Perancangan ini menghasilkan film animasi 3 dimensi yang menceritakan tentang hidroponik dan cara pembuatan sistem bertanam hidroponik yang bisa di praktikkan oleh anak. Film animasi ini berformat mini HD 1280x720 pixel berdurasi 6 menit 15 detik sebagai media utama, sedangkan untuk media pendukung untuk pameran dan publikasi berupa x banner, poster, cover CD, T-shirt dan stiker.