SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri I Papar Kediri.

Wahyu Trisetyo Herlambang

Abstrak


Salah satu metode penugasan mandiri bagi seorang siswa adalah dengan
menggunakan Lembar Kerja Siswa(LKS) sebagai respon terhadap kurikulum
sebelum KBK dan sampai sekarang masih banyak digunakan. LKS sebagai alat
untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang di berikan dan
sebagai alat untuk melihat daya serap siswa terhadap pelajaran. Peggunaan LKS
hampir di setiap mata pelajaran dan setiap sekolah. Pengenalan LKS untuk proses
pembelajaran sudah dimulai sejak dibangku sekolah dasar sampai dengan sekolah
Menengah dan kejuruan nantinya. Dalam pelaksanaanya penggunaan LKS 
terdapat perbedaan perlakuan oleh guru, perbedaan perlakuan  tersebut dirasakan
oleh siswa, sehingga siswa mempunyai persepsi terhadap LKS yang berbeda yang
dapat bersifat positif dan negatif.
  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Papar Kediri dengan alasan
status sekolah Negeri dan sudah menggunakan LKS serta mempunyai reputasi
sangat baik di Masyarakat Kediri. Penelitian ini mengkaji tentang (1) Persepsi
siswa tentang fungsi LKS Seni Budaya, (2) Persepsi siswa tentang manfaat LKS
Seni Budaya, (3) Persepsi siswa tentang penggunaan LKS Seni Budaya. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari. Populasi penelitian adalah
semua siswa SMP Negeri I Papar Kediri dengan jumlah 554 siswa.Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIIA, VIIIA, IXA karena dalam kelas tersebut sudah
terdapat berbagai karakteristik siswa yang dapat mewakili populasi dengan jumlah
seluruh responden 104 siswa sebagai sampel. Teknik yang digunakan untuk
menentukan sampel penelitian adalah teknik Purposive Sample. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angket skala Likert.
Hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif Persentase.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP Negeri I
Papar Kediri terhadap LKS dalam mata pelajaran Seni Budaya yang ditinjau dari
ketiga rumusan masalah penelitian ini dapat terjawab dari hasil persentase yang
diketahui dan dapat di deskripsikan sebagai berikut; (1) persepsi siswa tentang
fungsi LKS cenderung setuju dan masih termasuk dalam kualifikasi sebagian
kecil(39,3%) jadi fungsi LKS masih kurang efektif, (2) Persepsi siswa tentang
manfaat LKS sebagian cenderung setuju(52,3%) jadi manfaat LKS sudah
termasuk efektif,(3) Persepsi siswa tentang penggunaan LKS sebagian cenderung
setuju(47,4%) jadi penggunaannya sudah termasuk efektif. Dari ketiga jawaban
rumusan masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cenderung setuju
terhadap fungsi, manfaat, dan penggunaan terhadap LKS di SMP Negeri I Papar
Kediri, tetapi masih ada yang kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini,
siswa mempunyai persepsi setuju terhadap adanya LKS sehingga dapat disarankan
bagi para guru matapelajaran Seni Budaya agar menggunakan LKS dalam proses ii
 pembelajaran agar dalam kegiatan belajar mengajar dapat optimal dan efektif dan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa,serta sebagai pertimbangan untuk lebih
menekankan pengajaran secara individual, untuk siswa haruslah mempunyai
persepsi positif terhadap LKS karena merupakan salah satu sumber belajar. Pada
peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang efektivitas penggunaan LKS Seni
Budaya dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa baik dalam intrakulikuler
maupun ekstrakulikuler