SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis Pembelajaran Entrepreneurial tentang Gambar Bentuk Alam Benda untuk Siswa SMP.

Mohamad . Zamzami

Abstrak


ABSTRAK

Zamzami, Mohamad. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis PembelajaranEntrepreneurialtentang Gambar Bentuk Alam Benda untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar, pembelajaranentrepreneurial, gambar bentuk alam benda.

Proses pembelajaran yang ditemukan pengembang di lapangan tidak secara aktif mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif, inovatif, dan produktif. Pembelajaran entrepreneurialdiharapkan menjadi solusi. Strategi ini diharapkan agar anak-anak kita memiliki pola pikir untuk berkreasi dan berinovasi sehingga di masa depan akan lahir generasi yang kreatif, inovatif, dan produktif yang siap menghadapi era kreatif yang telah ditetapkan oleh sebagian besar negara maju di masa yang akan datang. Dengan menggunakan pembelajaran entrepreneurialpada mata pelajaran Seni Budaya yang menekankan keterampilan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa dan menjadikan siswa lebih kreatif, inovatif, dan mempunyai nilai tambah dalam berkaryanya.

Model penelitian yang digunakan adalah model FiveD yang direkomendasikan oleh Moeljadi Pranata (2012).Model Five Dterdiri dari atas lima tahapan, yaitu (1) define, (2) data,(3) design,(4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok kecil yakni siswa kelas VII SMP. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket terbuka yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian akan dikonversikan dengan tabel kriteri kelayakan.

Pada hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan rerata 90.2 % dari hasil uji validasi ahli media, hasil uji validasi ahli materi rerata 93.75%,dan hasil uji coba lapangan dengan persentase 89,25 %.Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis Pembelajaran entrepreneurialtentang Gambar Bentuk Alam Benda untuk Siswa SMP dengan spesifikasi sebagai berikut : (a) menggunakan SoftwarePowerPoint 2013, (b) isi produk : pengantar, pendahuluan, pendekatan, pembelajaran, petunjuk, assesment, kunci jawaban, glosarium, daftar rujukan, profil, (c) teknik computerized, (d) pemaparan secara runtut sistematis, (e) pewarnaan full color, (f) menggunakan bahasa Indonesia dan (g) dikemas dalam bentuk CD (digital). Bahan ajar dikatakan layak diggunakan karena dari hasil validasi dan uji coba lapangan memperoleh rentang presentase 80 % - 100 % yang dapat dikatakan sangat valid.

Berdasarkan hasil pengembangan, disarankan agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar.

ABSTRACT

Zamzami, Mohamad. 2016. Multimedia Teaching Materials Development of Entrepreneurial Learning Based on Image of Object Nature and Shape for Junior High School Students. Thesis, Department of Arts and Designs, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: Dr. Moeljadi Institution, M.Pd.

Key Words:Development, teaching material, entrepreneurial approach,still life.

Learning process according to developers in the field did not actively encourage students to think in a creative, innovative, and productive. Entrepreneurial learning is expected to be a solution. This strategy is expected thus our children have the mindset to create and innovate, so that future generations will be creative, innovative, and productive is ready to face the creative era that has been set by most developed countries in the future.   

By using the entrepreneurial learning in subjects that emphasize skill of Arts & Culture, it is expected to improve the competence of students and make students more creative, innovative, and have more value in the creating things.

The research model used is the model recommended by Moeljadi Pranata which is called five D model (2012). Five Model D consists of five stages, they are (1) define, (2) the data, (3) design, (4) develop, and (5) disseminate. Final product is tested for feasibility by 2 media expert,  2 material expert and a small group trial which consist of 20 students of class VII. The procedure of collecting data in this study uses instruments like questionnaire with open-type questionnaire and the results are analyzed by using percentage which will then be converted to table of eligibility criteria.

In media expert validation, results show that the teaching materials developed gets an average 90.2% of the results of the validation test media expert, material expert validation test results an average 93.75%, and the results of field trials results 89.25%. Development of Instructional Materials Multimedia-Based Learning entrepreneurial about Image of Object, Nature and Shape for Junior High School Students has the following specifications: (a) using the Software PowerPoint 2013, (b) content of product: preface, introduction, approach, learning, guidance, assessment, answer key, glossary, references , profile, (c) computerized techniques, (d) in a coherent systematic exposure, (e) full color staining, (f) using Indonesian and (g) packaged in a CD (digital). The teaching materials are feasible to be used because the results of validation and field trials earn a percentage range of 80% - 100% which can be said to be very valid.

Based on the results of the development, it is suggested that the test can be done repeatedly on bigger subjects.