SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS MEME PADA LAMAN 9GAG.COM MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA

Bagus Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

Prasetyo, Bagus. 2016. AnalisisMeme Pada Laman9gag.com Melalui Pendekatan Semiotika. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Rudi Irawanto, S.Pd, M.Sn., (II) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn, M,Ds.

Kata Kunci: Analisis, Meme, Semiotika.

Situs internet yang beragam membuat masyarakat tertarik mengakses internet walau hanya sekedar membaca, berdiskusi, bertukar pikiran ataupun membuat konten pribadi yang berdasarkan opini maupun pengalaman yang kemudian akan dibagikan ke publik sehingga konten tersebut akan menjadi viral. Dalam perkembangan itu, muncul fenomena InternetMeme, adalah gambar, suara, video, pergerakan, cerita, lelucon, dan lain-lain yang diteruskan dari satu pengguna internet ke pengguna lain melalui e-mail, blog dan situs jejaring sosial. 9gag menjadi salah satu forum yang turut menyebarluaskan dan mempopulerkan internet meme.

Penelitian ini menggunakan teori semiotika model Ferdinand de Saussure. Teori ini membedah makna tanda dalam sebuah meme. Elemen yang dianalisis adalah elemen tekstual dan visual dari memeSuccess Kid, Bad Luck Brian, dan Futurama Fry.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui fungsi setelah membedah makna tanda di dalamnya. Meme yang dianalisa adalah Success Kid, Bad Luck Brian, dan Futurama Fry. Data meme yang dianalisa diambil dari situs 9gag.com. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yang diambil dengan teknik dokumentasi dan studi literatur.

Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dalam mengumpulkan data di lapangan. Prosedur pengumpulan data meliputi dokumentasi dan studi literatur, sedangkan teknik analisis data menggunakan checking dan editing.

Hasil penelitian ini mencakup fungsi yang didapat dari analisa memeSuccess Kid, Bad Luck Brian, dan Futurama Fry. Fungsi memeSuccess Kid adalah untuk menyampaikan pesan keberhasilan dan keberuntungan, Bad Luck Brian untuk menyampaikan pesan kegagalan atau kesialan, dan Futurama Fry untuk menyampaikan pesan kritis, curiga, dan skeptis.