SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KESATRIA KUMBAKARNA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN SENI KERAMIK

Haidar Alfariz

Abstrak


ABSTRAK

Alfariz, Haidar. 2016. Kesatria Kumbakarna Sebagai Inspirasi Penciptaan Seni

Keramik. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas

Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ponimin, M.Hum.

Kata Kunci: Penciptaan, Kumbakarna, Keramik

Rasa nasionalisme dan kepribadian berbudaya ketimuran semakin luntur ketika masyarakatnya kurang mencintai dan kurang adanya rasa memiliki terhadap budaya lokalnya sendiri. Hal ini menimbulkan kegelisahan saya sebagai pencipta. Dari kegelisahan tersebut mendorong saya untuk penciptaan seni keramik. Saya dalam mengahayati kisah pengorbanan Kumbakarna terasa ikut hanyut dalam peristiwa tersebut. Selanjutnya menentukan tentang apa yang dilakukan Kumbakarna sebagai bentuk sikap kepahlawanan.

Penciptaan karya seni keramik yang diawali dari perenungan sumber ide yang dialami oleh pencipta menghasilkan sebuah konsep. Selanjutnya konsep tersebut diolah sehingga menghasilkan ke enam judul yang mendasari terciptanya ke enam karya ini merupakan aktualisasi jiwa kesatria Kumbakarna. Dalam proses perwujudan ditempuh melalui tiga gambar sketsa alternatif dari setiap judul karya. Dari ketiga gambar sketsa alternatif tersebut terpilih satu gambar sketsa pilihan Hal ini yang menjadi acuan dalam proses visualisasi. Proses visualisasi menggunakan teknik pembentukan pinching dan pillin, serta teknik dekorasi tempel. Pembakaran menggunakan tungku tradisional dengan suhu 800˚C. Setelah karya sudah jadi, kemudian karya disajikan dalam bentuk pameran yang didalamnya terdapat uji karya dan melalui apresiasi.

Hasil karya yang divisualisasikan menampilkan 6 karya seni keramik dengan media fisik tanah liat yang terdiri dari ball clay dan pasir kwarsa. Karakteristik karya seni keramik tersebut merupakan karya yang bergaya dekoratif figuratif dan menggunakan ornamen yang mengacu pada atribut pewayangan sehingga terkesan tradisional.

Dengan penciptaan karya seni keramik ini pencipta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang didalamnya terdapat permasalahan hingga mendapatkan solusi. Penciptaan karya seni keramik ini merupakan upaya yang akan diimplementasikan menjadi karya seni dan dijadikan media edukasi bagi penikmat dan diri sendiri, dengan harapan supaya generasi muda lebih menghargai kebudayaan dan memiliki rasa ketimuran yang tinggi sehingga dapat membentuk karakter bangsa yang kuat dan beradab. Serta memupuk jiwa nasionalisme pada generasi muda untuk senantiasa mencintai dan melindungi kedaulatan tanah air kita.