SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Kampanye Self Branding Explosive Voice melalui Desain Karakter

Rezza Alam Islami

Abstrak


ABSTRAK

 

Islami, Rezza Alam. 2014. Perancangan Kampanye Self Branding “Explosive Voice” Melalui Desain Karakter. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn.

Kata Kunci : Perancangan, Self Branding, Kampanye, Desain Karakter

Branding pada saat ini mengalami perkembangan, tidak lagi hanya digunakan untuk kebutuhan korporat atau instansi namun branding saat ini juga digunakan untuk kebutuhan personal atau personal branding. Penulis sebagai desainer grafis ingin membangun citra positif, serta eksistensi melalui karya desain dengan merancang sebuah Kampanye Desain Karakter dalam upaya membangun personal brand atau dapat disebut dengan Self Branding. Self branding sangat penting bagi perkembangan karir dan portofolio seorang desainer.

Perancangan ini menggunakan model prosedural, yaitu perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto sebagai kerangka dasar, yang kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan dan relevansi perancangan Self Branding. Sehingga menghasilkan sebuah metode baru yang tepat. Data perancangan ini didapat dari desainer “Explosive Voice”, yang kemudian dikaji untuk menentukan pembentukan citra, positioning serta karakteristik desainer. Identifikasi data dijadikan acuan dasar pada pembuatan desain karakter yang nantinya dipakai dalam kampanye self branding, sebagai bagian dari strategi komunikasi visual.

Perancangan ini menghasilkan produk Desain Karakter dan Strategi Self Branding melalui serangkaian kampanye yang mempunyai tema sesuai dengan isu-isu yang sedang terjadi. Selain itu diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual. Seperti, merchandise, community stuff, dan exhibition.