SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MAKNA RAGAM GERAK TARI HADRAH KUNTULAN KARYA SUMITRO HADI DI DESA GLADAG KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI

Asri Martini

Abstrak


ABSTRAK

 

Martini, Asri. 2014. Makna Ragam Gerak Tari Hadrah Kuntulan Karya Sumitro Hadi di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Ida Siti herawati A., M.Pd, (II)  Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci : makna, ragam gerak, Hadrah Kuntulan, Banyuwangi.

Tari sebagai ekspresi manusia yang bersifat estetis merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia di masyarakat yang penuh makna. Tari terdiri atas ragam gerak yang tersusun dan memiliki sebuah makna didalamnya. Tari Hadrah Kuntulan karya Sumitro Hadi di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi merupakan hasil akulturasi budaya yang unik. Dalam dunia pendidikan banyak guru tari yang mengajarkan tari hanya sebatas mencontohkan gerak tanpa menyampaikan pesan makna yang terkadung di dalam tarian, hasilnya para murid hanya mampu menari tanpa mendapat sebuah nilai pendidikan yang mendasar. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana ragam gerak dan makna ragam gerak yang terkandung di dalam tari Hadrah Kuntulan di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan triangulasi metode.

Penelitian ini menunjukan hasil tentang ragam gerak dan makna ragam gerak tari  Hadrah Kuntulan. Ragam gerak tari Hadrah  terbagi menjadi 4 ragam yaitu, ragam gerak I terdiri dari gerak langkah nyiji, langkah nyiji sagah, gebyaran, turun jongkok, hormat I, dan salam. Ragam gerak II terdiri dari gerak slewahan, do’a, gebyaran, langkah mlaku liwungan, gejigan,dan pencakan. Ragam gerak III terdiri dari gerak igelan pundak, lompat ngeber kanan kiri, ngayun ngeber bawah, ukelan liwung atas, gebyaran, dan pencakan, yang terakhir ragam gerak IV terdiri dari gerak jurus, hormat II, dan gebyaran. Makna yang terkandung di dalam ragam gerak dalam tari Hadrah Kuntulan meliputi hubungan manusia dengan Allah SWT (habluminnallah) berupa amalan untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan hubungan manusia dengan sesama (habluminnanas) berupa amalan untuk bersikap baik terhadap sesama manusia dan mahluk ciptaan Allah SWT.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada seluruh pihak terutama para guru dan generasi muda untuk mengajar tari dan belajar menari disertai pemaknaan yang terkandung di dalamnya seperti yang terdapat pada Tari Hadrah Kuntulan, karena dengan belajar makna tarian selain mendapat pengalaman menari juga dapat menanamkan nilai pendidikan moral dan pendidikan karakter yang bisa diterapkan untuk diri sendiri maupun orang lain.