SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar Bilingual "Kelinci yang Gesit dan Kura-Kura yang Lamban" Untuk Anak-anak

Dinar Indira Santi

Abstrak


ABSTRAK

 

Santi, Dinar Indira. 2013. Perancangan Buku Cerita Bergambar Bilingual "Kelinci yang Gesit dan Kura-Kura yang Lamban" Untuk Anak-anak. Malang. Skripsi, Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rahman, S.sn, M.sn. (II) Mohammad Sigit, S.sn.    

 

Kata kunci: Perancangan, Buku Cerita Bergambar, Bilingual, Fabel Kelinci yang Gesit dan Kura-Kura yang Lamban.

 

Buku cerita bergambar adalah salah satu jenis media untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, dah hiburan pada anak-anak. Kurangnya komunikasi dalam naskah cerita dan ilustrasi disesuai dengan segmen pembaca yaitu anak- anak terutama berumur 6-8 tahun, dikarenakan manusia pada masa anak-anak merupakan tahap bagian terpenting manusia pada masa pertumbuhan, karena pada tahap itulah karakter dasar manusia mulai terbentuk dan perlu bimbingan salah satunya adalah penanaman pesan moral melaui cerita fabel.

Metode yang digunakan adalah metode prosedural yang besifat deskriptif dimana langkah-langkahnya sistematis dan  bertahap dalam menghasilkan sebuah karya desain. Model yang digunakan adalah pendekatan A-A Procedure dari Drs.Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah dimodifikasi dimana modelnya menggunakan proses komunikasi persuasif untuk membangkitkan perhatian anak agar melakukan kegiatan. Model perancangan dimodifikasi dengan runtutan langkah-langkah kerja yang lebih mengarah ke proses pembuatan media

Perancangan ini menghasilkan satu buku cerita bergambar bilingual fabel Kelinci dan Kura-Kura yang telah diceritakan kembali. Buku berjudul "Keliinci yang Gesit dan Kura-kura yang Lamban" ini berukuran landscape 26,6cm x 20cm. Buku dilengkapi dengan teks, ilustrasi, dan menggunakan teks bilingual, maksud 'bilingual' dari buku cerita bergambar adalah narasi teks cerita dengan menggunakan dua bahasa. Tujuan dari pembuatan buku cerita ini untuk penanaman nilai moral pada anak-anak melalui fabel selain itu dengan penggunaan dua bahasa diharapkan dapat dinikmati oleh anak-anak di luar Indonesia. Perancangan ini ditunjukan untuk membantu anak mempelajari nilai moral. Penyampaian nilai moral dikomunikasikan melaui cerita fabel dengan naskah dan ilustrasi yang komunikatif sehingga mampu mempengaruhi anak untuk memahami dan mengamalkan pesan moral yang ada dalam cerita.