SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Media Promosi SMK Negeri 2 Blitar.

Taufan Prima Ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK
Ardiansyah, Taufan Prima. 2009. Perancangan Media Promosi SMK Negeri 2
Blitar. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan
Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.
Triyono Widodo, M.Sn (II) M. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn
Kata kunci : SMK Negeri 2 Blitar, Perancangan, Media Promosi
Banyak berdirinya lembaga pendidikan khususnya Sekolah Menengah
Kejuruan di Kota Blitar, membuat para pengembang lembaga pendidikan untuk
menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif, guna
menumbuhkembangkan citra yang baik di mata masyarakat dengan melalui
perancangan media promosi. Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK) Negeri di kota Blitar, SMK Negeri 2 Blitar yang ini memiliki berbagai
macam unggulan yaitu fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap selama ini
belum mempunyai media promosi yang efektif dalam menarik minat audience
untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMK Negeri 2 Blitar.
Berdasarkan latar belakang diatas perlu merancang media promosi yang di
rasa efektif dalam memperkenalkan SMK Negeri 2 Blitar ini agar audience dapat
memperoleh informasi secara lengkap dan lebih jelas mengenai SMK Negeri 2
Blitar.
Model perancangan ini diawali dari tahap pra-produksi yaitu
pengidentifikasi data klien, dilanjutkan dengan tahap produksi yang dimulai dari
rough lay out, comperhensive layout dan final lay out, dan dilanjutkan tahap pasca
produksi yang pada akhirnya media promosi ini dapat diaplikasikan.
Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan media promosi yang efektif
dan efisien yaitu yang dapat mengkomunikasikan serta menginformasikan tentang
SMK Negeri 2 Blitar kepada siswa SMP pada khususnya dan masyarakat di Kota
Blitar dan sekitarnya pada umumnya.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan
pihak klien (SMK Negeri 2 Blitar), maka penulis mempertimbangkan,
menentukan, dan mengkonsep untuk merancang media promosi ini. Media yang
dihasilkan dari perancangan ini ada sepuluh media promosi, media tersebut antara
lain adalah : Interaktif multimedia, X Banner, Iklan Surat Kabar, Poster, Sticker
Cutting, Pin, Gelas Mug, CD Case, Kalender Meja, dan Brosur. Dengan harapan
penggunaan dari media promosi ini dapat menunaikan fungsi serta tujuannya
secara tepat, efektif dan semaksimal mungkin sebagai media komunikasi SMK
Negeri 2 Blitar, sehingga citra (image) positif dari SMK Negeri 2 Blitar dapat
meningkat, dimana secara tidak langsung juga akan berdampak pada
meningkatnya jumlah siswa-siswi baru yang menempuh pendidikan SMK Negeri
2 Blitar.