SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Teks tari Topeng Grebeg Jawa Tumpang sebagai Bahan Ajar Apresiasi Seni Tari di SMP Kelas VII Semester II

RIZKY PREISTYANI HUSEIN

Abstrak


ABSTRAK

Preistyani Husein, Rizky. 2012. Pengembangan Buku Teks Tari Topeng Grebeg Jawa Tumpang Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Seni Tari di SMP Kelas VII Semester 2. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Purwatiningsih, M.Pd, (II) Tutut Pristiati, S.Sn

 

Kata Kunci: buku teks, bahan ajar, apresiasi, tari topeng Grebeg Jawa.

Buku teks atau buku ajar adalah buku yang berfungsi sebagai pedoman guru dan siswa untuk mempelajari suatu materi dalam proses pembelajaran. Keterbatasan guru dalam pengetahuan seni tari, tidak adanya media/buku sebagai penunjang pembelajaran, dan minimnya materi seni tari menyebabkan guru tidak dapat menyampaikan materi secara keseluruhan. Maka, dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah buku teks yang berfungsi sebagai penunjang pembelajaran bagi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa buku teks tari topeng Grebeg Jawa Tumpang sebagai bahan ajar apresiasi seni tari yang mudah, lengkap dan jelas.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Prosedur penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari prosedur penelitian Borg & Gall yang terdiri atas identifikasi kebutuhan, mengumpulkan data, produksi, uji coba perorangan yang terdiri 3 orang, revisi 1, uji coba ahli, revisi 2, uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 2 kelompok siswa, revisi 3. Subjek validasi produk dilakukan oleh tim ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli desain, serta uji kelompok kecil dilakukan oleh siswa kelas VII F di SMP Negeri 4 Malang. Data dikumpulkan melalui angket skala linkert dengan menggunakan format penilaian uji coba validasi dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah buku teks tari topeng Grebeg Jawa Tumpang sebagai bahan ajar apresiasi seni tari di SMP kelas VII Semester 2 yang berisi perkembangan, karakteristik, bentuk penyajian, fungsi, musik iringan, bentuk kostum, deskripsi gerak tari topeng Grebeg Jawa. Buku ajar ini dicetak pada kertas super dengan panjang 27,7 cm dan lebar 21,1 cm dengan jumlah halaman 66 halaman. Jenis huruf yang digunakan adalah Comic Sans MS dengan ukuran huruf 12 pt.

Berdasarkan penilaian tim ahli menunjukan bahwa produk berupa buku teks yang dihasilkan baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukan bahwa produk yang dihasilkan cukup baik.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut, saran diberikan kepada: (1) guru seni budaya, sebaiknya buku teks ini digunakan sebagai acuan dalam mengajar seni tari daerah setempat agar dapat menyampaikan materi dengan baik. (2) siswa, rajin mempelajari buku ajar pelajaran seni tari daerah setempat agar dapat membantu memahami materi dengan baik, (3) peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat ditindaklanjuti dengan melengkapi media audio visual dan penambahan materi untuk pembelajaran ekspresi seni tari daerah setempat lainnya.