SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR KOREOGRAFI TARI EMPRAK SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN DI SANGGAR TARI SEKAR AYU KOTA BLITAR

RIFKI KRISTALIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristalia, Rifki. 2012. Struktur Koreografi Tari Emprak sebagai Materi Pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn (II) Tutut Pristiani, S.Sn

 

Kata Kunci: Struktur Koreografi, Materi Pembelajaran, Sanggar Tari

Struktur merupakan kesatuan dari beberapa unsur yang berhubungan satu sama lain. Dalam sebuah tarian,  struktur gerak sangat diperlukan untuk menyampaikan maksud dari gerak kepada penonton. Tari Emprak merupakan pengembangan dari Kesenian Emprak. Maraknya minat masyarakat terhadap Tari Emprak sangat terlihat di sanggar tari Sekar Ayu dari pada sanggar-sanggar lain yang ada di Kota Blitar. Sehingga tarian ini dijadikan sebagai salah satu materi pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur koreografi Tari Emprak, struktur ragam gerak Tari Emprak sebagai materi pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar, serta faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Tari Emprak sebagai materi pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan batasan penelitian tentang Struktur Koreografi Tari Emprak sebagai Materi Pembelajaran di Sanggar Tari Sekar Ayu Kota Blitar. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen dan sebagai alat pengumpul data utama. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan  untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, dengan menggunakan lebih dari satu strategi penelitian untuk memperoleh sebuah informasi yang sama yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur Koreografi Tari Emprak sebagai Materi Pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu, a) Tahapan Koreografi, antara lain: Eksplorasi, Improvisasi, dan Pembentukan. b) Unsur Pendukung Koreografi, antara lain: tata rias, tata busana, dan musik iringan. (2) Struktur ragam gerak Tari Emprak sebagai Materi Pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar, unsur- unsur motif gerak dalam Tari Emprak dibagi menjadi 4, yaitu: Unsur gerak kepala, unsur gerak tangan, unsur gerak badan, dan unsur gerak kaki. Sedangkan ragam gerak Tari Emprak: a) Pembuka, b) Inti (Gendhing Sentrok, Tulungagungan, Gendhing Ijo-ijo), c) Penutup. (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Tari Emprak sebagai Materi Pembelajaran di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar, Faktor pendukung antara lain: Minat peserta didik, Sarana dan prasarana yang mendukung, dan Penataan ruangan. Selain itu, faktor penghambatnya, yaitu: Dana, Kesadaran orang tua, Kesungguhan peserta didik, dan Teman. Hasil penelitian di sanggar tari Sekar Ayu Kota Blitar, Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan materi pembelajaran pada pendidikan sanggar maupun pendidikan lainnya(sekolah).

ABSTRACT

 

Kristalia, Rifki. 2012. Choreography structure Emprak as Learning Materials in a dance studio Sekar Ayu Blitar City. Thesis, Department of Art and Design Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn (II) Tutut Pristiani, S.Sn

 

Keywords: Choreography Structure, Learning Materials, Training Service

Structure is a union of some elements related to each other. In a dance, movement structure is necessary to convey the intent of the motion to the audience. Emprak dance is a development of the Arts Emprak. The rise of public interest is seen in Emprak Dancing dance studio Sekar Ayu from the other studios in the city of Blitar. So the dance is used as one of learning materials in dance Sekar Ayu.

This study aims to analyze the structure of the dance choreography Emprak, range of motion dance Emprak structure as a matter of learning the dance studio Sekar Ayu Blitar City, as well as inhibiting factors and the factors supporting the implementation of learning dance Emprak as learning material in dance Sekar Ayu Blitar City.

This study used a qualitative descriptive approach, with the limitation of the study on the structure of the material Emprak Choreography Dancing Lessons in Blitar City Sekar Ayu. Notch researchers in this study as an instrument and as a primary data collection tool. The collection of data using observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis was performed by reducing the data, presenting data and drawing conclusions. Meanwhile, to check the validity of the data carried by the triangulation method, using more than one research strategies to obtain the same information from observation, interviews, and documentation.

The results showed that (1) Structure Choreography Emprak as Learning Materials in a dance studio Sekar Ayu, a) Stages of choreography, such as: Exploration, Improvisation, and the Establishment. b) Supporting Elements Choreography, among other things: makeup, fashion, and musical accompaniment. (2) The structure of a range of motion dance Emprak Learning Materials in a dance studio Sekar Ayu Blitar City, elements of movement motifs in dance Emprak divided into four, namely: Elements of head movement, hand gestures elements, elements of body movement and footwork elements. While the range of motion dance Emprak: a) Opener, b) Core (gendhing Sentrok, Tulungagungan, gendhing-ijo Ijo), c) Conclusion. (3) factors inhibiting and supporting factors for the implementation of learning dance Emprak Learning Materials in a dance studio Sekar Ayu Blitar City, supporting factors are: interest of students, facilities and infrastructure that support, and the arrangement of the room. In addition, inhibiting factors, namely: Fund, awareness of parents, students earnestness, and Friends. The results in the dance studio city Sekar Ayu Blitar, research is expected to be used as reference material and learning workshop on education and other education (schools).