SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan buku bergambar geng ijo tentang upaya pelestarian lingkungan di sekolah dasar dan media promosinya

Nur Farida Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Nur Farida. 2011. Perancangan Buku Bergambar “Geng Ijo” tentang upaya pelestarian Lingkungan di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn,  (II) Drs. Andi Harisman

 

Kata kunci  :  perancangan, buku bergambar, lingkungan , anak, alam

 

Lingkungan yang hijau  merupakan aset bangsa dan juga sebagai aset negara yang tak ternilai harganya. Lingkungan yang hijau dan bersih dapat membuat alam  terjaga kelestariannya. Namun, seiring perkembangan jaman dan teknologi yang pesat ini, banyak masyarakat yang masih belum paham pentingnya melestarikan lingkungan. Untuk itu pengenalan dan pemahaman tentang  pelestarian lingkungan  merupakan hal yang penting bagi masyarakat, tidak terkecuali anak-anak yang nanti akan menjadi generasi penerus di masa depan. Dengan mengenalkan cara melestarikan lingkungan sejak dini merupakan suatu tahap awal untuk membangkitkan kesadaran anak-anak. Pemahaman ini diharapkan akan membuat anak-anak bisa menerapkan teknik  pelestarian lingkungan baik di sekolah dan sekitarnya. Untuk menjawab semua permasalahan di atas, maka diperlukan sebuah media yang ditujukan untuk anak-anak.

Perancangan buku bergambar ini dibuat dengan tujuan agar anak-anak di Sekolah Dasar mendapatkan informasi tentang upaya pelestarian lingkungan di Sekolah. Selain itu juga bertujuan untuk membuat buku gambar dengan gaya visual yang menarik, sehingga menumbuhkan minat anak-anak untuk membaca.

Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, dan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang didasarkan pada penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa anak-anak Sekolah Dasar sangat menyukai buku bergambar dengan tokoh kartun dan permainan visual didalamnya. Sebagian besar dari mereka mengetahui tentang pelestarian lingkungan akan tetapi banyak yang belum melakukan upaya pelestarian lingkungan di sekolahnya.

Oleh karena itu, penulis membuat buku bergambar ini sebagai media penyampaian pesan. Buku ini dikemas dalam format warna full colour berisi 28 halaman, bahasa yang mudah dicerna dan gaya visual yang menarik. Disertai juga dengan media pendukung yaitu Pin, X-banner dan stiker.