SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR TARI TOPENG BAPANG JAMBUER DI SANGGAR GALUH CANDRA KIRANA DESA JAMBUER KECAMATAN KROMENGAN KABUPATEN MALANG

TRI NURNING TYAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Tyas, Tri Nurning. 2012. Struktur Tari Topeng Bapang Jambuer Di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni   Tari dan Musik Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Hj. Purwatiningsih, M.Pd (2) Tri Wahyuningtyas, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci : Tari Topeng Bapang, Struktur Tari.

 

Tari Topeng Bapang adalah salah satu tari topeng yang khas diantara topeng yang lain. Bentuk tari ini bisa disajikan tunggal, berpasangan dan ditarikan secara kelompok. Sanggar Galuh Candra Kirana di daerah desa Jambuer adalah satu-satunya sanggar yang masih melestarikan Tari Topeng Bapang Gaya Jambuer, sanggar ini masih melestarikan tari yang berkembang di daerah Jambuer sehingga terjadi regenerasi agar tari ini tidak sampai punah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur Tari Topeng Bapang Jambuer, busana Tari Topeng Bapang, serta musik iringan Tari Topeng Bapang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Karena penelitian ini memperoleh datanya dilakukan secara alami dimana hasil dari penelitian tersebut di deskripsikan dalam bentuk kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Lokasi penelitian ini berada di Sanggar Galuh Candra Kirana Desa Jambuer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang dengan narasumber seniman. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan mengelompokkan data serta klasifikasi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian mencakup tiga hal yaitu (1). Analisis struktur Tari Topeng Bapang Jambuer yaitu bahwa: gerak kepala terdiri dari 5 (lima) unsur gerak, unsur gerak tangan terdiri dari 8 (delapan) unsur gerak, unsur gerak badan terdiri dari 2 (dua) unsur gerak, unsur gerak kaki terdiri 5 (lima) unsur gerak. Mempunyai motif ragam gerak 26 (dua puluh enam) deskripsi gerak. (2) Busana yang dipakai bagian atas: irah-irahan, bagian tengah: stagen, sabuk, ilat-ilatan, sampur, deker. Bagian bawah: rapek, kaos kaki. Properti: gongseng. Tari Topeng Bapang tidak menggunakan tata rias. (3) Iringan musik yang digunakan dalam Tari Topeng Bapang Jambuer ini yaitu kendang, saron, slenthem, bonang dan gong.

Beberapa saran yang ditulis penulis, yaitu bagi  Sanggar Galuh Candra Kirana agar tetap meneruskan program pelatihan bagi regenerasi untuk tetap melestarikan tari tradisional yang berada di daerah Desa Jambuer Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu wacana penambah informasi tentang kegiatan yang berlangsung pada sanggar Galuh Candra Kirana.