SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Batik di SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang

maria puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Ekstrakurikuler batik merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Tumpang. Kegiatan ini sangat unik dan menarik karena guru pengajar ekstrakurikuler batik menciptakan suatu batik dengan aliran ekspresionisme, yang diberi nama Batika Mandiria Smaneta.

Kegiatan ekstrakurikuler batik masih tergolong kurang diminati siswa, hal ini ditunjukkan dari sejumlah 665 siswa kelas X dan XI, hanya 43 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler batik. Oleh karena itu faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut ingin dikaji lebih lanjut, agar dapat dipergunakan sebagai pertimbangan dan meningkatkan kualitas pembelajaran ekstrakulikuler batik di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap faktor-faktor pribadi dan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler batik di SMA Negeri 1 Tumpang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. sampel yang digunakan adalah semua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler batik yang berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan analisis data menggunakan teknik prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor-faktor pribadi yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler batik, yaitu faktor motivasi (95,35%), faktor sifat pribadi (54,26%), faktor latihan (50%), dan faktor kecerdasan (48,84%). Sedangkan faktor-faktor social yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler batik yaitu, faktor cara mengajar guru (93,02%), faktor sarana dan prasarana (62,79%), faktor keluarga (40,70%), faktor lingkungan (23,26%), dan factor motivasi sosial (11,63%).