SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEBIJAKAN SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PADA SISWA KELAS VI TAHUN PELAJARAN 2008/2009 DI SD NEGERI BARENG 3 MALANG

vika miranti

Abstrak


Miranti, Vika. 2009. Kebijakan Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Bareng 3 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Tari, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M. Pd,  (II) Dra. Ninik Harini.

 

Kata kunci: Kebijakan, Sekolah, Pembelajaran Seni Budaya, SDN Bareng 3  

 

SD Negeri Bareng 3 Malang adalah salah satu sekolah dasar negeri yang merupakan sekolah inti yang berada di wilayah gugus 4 Bareng. Sebelum menjadi SD Negeri Bareng 3, sekolah ini adalah gabungan dari tiga sekolah dalam satu lingkungan, terdiri dari SD Negeri  Bareng 6, SD Negeri Bareng 7, dan SD Negeri Bareng 8. Kemudian Dinas Pendidikan Kota Malang melakukan peregroupan pada sekolah – sekolah yang dalam satu lingkungan terdapat sekolah lebih dari satu. Dengan alasan, supaya mutu pendidikan khususnya pada sekolah dasar di Kota Malang lebih meningkat. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang pelaksanaannya telah dimulai pada tahun ajaran 2006/2007. Hal tersebut sesuai dengan perubahan kurikulum yang berlaku sekarang yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kebijakan adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui suatu pengaturan. Kebijakan sekolah merupakan kebijakan suatu lembaga sekolah untuk mengembangkan pendidikan dalam sekolah tersebut. Kebijakan meliputi apapun pilihan sekolah untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini adalah langkah kebijakan strategis dan operasional dalam kurikulum Seni Budaya dan Keterampilan pada kelas VI dan strategi pembelajaran, proses belajar mengajar dan penilaiannya pada siswa kelas VI di SD Negeri Bareng 3 Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk langkah kebijakan strategis dan operasional dalam kurikulum Seni Budaya dan Keterampilan pada kelas VI dan strategi pembelajaran, proses belajar mengajar dan penilaiannya pada siswa kelas VI di SD Negeri Bareng 3 Malang.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, teknik analisa datanya menggunakan tiga langkah yaitu mereduksi data, penyajian data, dan verifikation.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2009 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen dengan Guru Seni Budaya dan Keterampilan dan Kepala Sekolah sebagai responden.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kebijakan sekolah yang menyatakan bahwa sesuai hasil musyawarah Kepala Sekolah dengan dewan Guru SD Negeri Bareng 3 Malang menetapkan pada tahun ajaran 2008/2009 pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan diberlakukan sampai tanggal 30 April 2009, sedangkan tanggal 1 sampai dengan 8 Mei dikhususkan untuk mata pelajaran UASBN saja; (2) Sekolah juga mempunyai kebijakan dengan memberikan guru sendiri untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bagi siswa kelas VI dan               (3) Pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru menggunakan tiga bagian dalam kegiatan belajar.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa Sekolah tetap memberikan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada siswa kelas VI tahun pelajaran 2008/2009 pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan diberlakukan sampai tanggal 30 April 2009, sedangkan tanggal 1 sampai dengan 8 Mei dikhususkan untuk mata pelajaran UASBN saja. Kemudian sekolah juga mempunyai kebijakan dengan memberikan guru sendiri untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bagi siswa kelas VI. Dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan guru menggunakan tiga bagian dalam kegiatan belajar. Disarankan kepada SD Negeri Bareng 3 Malang untuk pemberian materi Seni Budaya dan Keterampilan pada siswa kelas VI lebih maksimal karena mengingat adanya pemberian batasan jangka waktu dalam memberikan materi. dan dapat menambah guru yang lebih berkompeten di bidang seni supaya pemberian materi lebih maksimal lagi.