SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IDENTIFIKASI SENI LUKIS DENGAN OBJEK UANG KARYA GITO LESUNG

Tokoh Setiyo Pambudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pambudi, Tokoh Setiyo. 2011. Identifikasi Seni Lukis Dengan Objek Uang Karya Gito Lesung. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M. Sn., (II) Drs. Andi Harisman.

 

Kata Kunci: lukisan, latar belakang, identifikasi, Gito Lesung

 

Seni lukis merupakan ungkapan rasa estetik dengan menggunakan unsur-unsur garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, serta cahaya dalam suatu kesatuan yang memiliki nilai estetis pada bidang datar. Lukisan mempunyai daya ekspresi yang besar, berupa hasil rekaman maupun imajinasi seniman terhadap objek yang akan dilukis. Karya-karya lukis seniman Gito Lesung sangat menarik dari segi latar belakang, tujuan dan karakteristik lukisannya. Karakteristik lukisan Gito Lesung terdiri dari perwujudan bentuk, gaya/aliran, teknik, media, ide dan tema.

Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang kehidupan Gito Lesung dan identifikasi karya lukis Gito Lesung yang berobjek uang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber dan metode. Selain itu juga ditunjang dengan katalog pameran dan artikel mengenai Gito Lesung serta data-data pustaka yang berkaitan dengan analisis karya lukis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang terbentuknya karya-karya lukis Gito Lesung antara lain dari bakat yang dimiliki, belajar dari teman-temannya dan lingkungan, kemudian ditekuni hingga sekarang. Sikap, karakter, dan seleranya melatarbelakangi pilihan tema alam, tema sosial, tema kerja, dan tradisional. Tujuannya berkarya lukis antara lain untuk berkomunikasi secara visual kepada masyarakat. Beliau ingin menyampaikan sesuatu kepada masyarakat lewat lukisannya. Karya lukis yang diciptakan Gito Lesung merekam objek dan kejadian dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kenyataan yang ada. Karakter karya lukis Gito Lesung terlihat dari perwujudan visual yang terdiri dari perwujudan bentuk, gaya/aliran, teknik, media, ide dan tema. Aliran lukisan Gito Lesung adalah realisme. Media yang digunakan adalah kanvas, cat minyak, kuas dan palet. Teknik yang dipakai Gito Lesung dalam melukis adalah teknik dusel dan pilihan objek-objeknya nyata tentang tema alam, tema sosial, tema kerja, dan tradisional.

Objek uang lukisan karya Gito Lesung berkarakter kuat. Mengacu pada bentuk asli tetapi lebih disederhanakan lagi. Objek uang yang digabungkan dengan objek lain seperti; alam, manusia, hewan dan tumbuhan menjadikan karya yang unik dan menarik.