SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG HASIL KARYA MELUKIS EKSPRESI PADA SISWA KELAS 2A DI SMP NEGERI 1 PAPAR KEDIRI

Yunus Arianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Arianto, Yunus. 2011. Studi Tentang Hasil Melukis Ekspresi pada Siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Triyono Widodo, M.Sn, (II) Fenny Rochbeind, S.Pd, M.Sn.

 

Kata Kunci: Studi, Hasil Karya Melukis, Ekspresi

 

Melukis adalah salah satu bentuk media untuk meluapkan ekspresi. Anak pada usia-usia SMP ini, anak berada pada masa peka dimana setiap anak memiliki atau mengalami masa peka ekspresi kreatif dalam melukis. Badiran dalam Pranata (1995:19) juga menyebutkan bahwa tipe gambar anak, baik haptik maupun visual lebih dapat dideteksi ketika anak memasuki masa realistis. Sedangkan bila dilihat dari segi sosialnya anak, berdasarkan pengalaman sosial awal anak pada masa ini berpengaruh terhadap sifat sosialnya. Sehingga dari ungkapan diatas memiliki ketertarikan tersendiri untuk diadakan pengamatan tentang karaktristik melukis para siswa kelas 2A di SMP Negeri 1 Papar Kediri berdasarkan tema, warna dan gaya yang digunakan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu dengan cara pengamatan dokumentasi hasil karya melukis ekspresi, peneliti ingin mengetahui tema, warna, dan gaya yang digunakan siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri. Data-data yang diperoleh berupa foto-foto hasil karya melukis ekspresi siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri akan dianalisis bersamaan dengan proses pengumpulan data.

Berdasarkan Hasil data yang dikumpulkan maka diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: tema dalam melukis ekspresi pada siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri banyak mengalami kesamaan dalam menentukan tema, terbukti 50% dari 38 siswa kelas 2A SMP Negeri 1Papar Kediri menggunakan tema yang sama. Tema yang banyak adalah tema lingkungan, yaitu bertemakan pemandangan alam, rumah dan tumbuh-tumbuhan. Tema yang dipilih para siswa cenderung dari apa yang mereka lihat disekitar lingkungan  mereka. Kesamaan lain yang ditemukan pada hasil karya melukis ekspresi pada siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri adalah warna. Warna yang lebih dominan digunakan adalah warna-warna skunder. Dengan kecenderungan warna skunder seperti ungu dan jingga yang mencerminkan emosi/perasaan yang kuat, yang menimbulkan anak ingin mencoba hal-hal yang baru yang merangsang perkembangan kreatifitas melalui ekspresi-ekspresi yang timbul dari dalam dirinya.

Dari hasil melukis siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri juga terdapat bermacam-macam gaya yang digunakan dalam melukis ekspresi. Dari 12 gaya menurut Herbert Read, yaitu Organic, Lyrical, Impresionist, Rytmical pattern, Structural form, Scematic, Haptic, Ekspresionist, Enumerative, Decorative, Romantic, Literary, semuanya terdapat dalam karya siswa-siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri. Dan gaya yang paling banyak digunakan siswa kelas 2A SMP Negeri 1 Papar Kediri adalah gaya rytmical pattern. Gaya rytmitcal pattern ini ditunjukan dengan komposisi bentuk yang sama dan cenderung mengulang bentuk-bentuk yang dikuasainya.