SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI TENTANG PENGENALAN DAN PENGGUNAAN WARNA PADA KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR PADA KELAS I DI SDN PERCOBAAN MALANG

Heri Sugianto

Abstrak


ABSTRAK

Sugianto, Heri. 2009. Studi Tentang Pengenalan dan Penggunaan Warna Pada Kegiatan     Mewarnai Gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Ida Siti Herawati, M.Pd, (2) Drs. Andi Harisman.

Kata Kunci: Pengenalan Warna, Penggunaan Warna

    Pengenalan warna merupakan kegiatan yang paling dasar yang akan mendukung kegiatan penggunaan warna pada kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang. Oleh karena itu, sangat tepat sekali bila anak-anak diwajibkan belajar mengenal warna sejak usia dini. Dari pengalaman mewarnai, anak-anak akan memperoleh banyak keuntungan, karena warna-warna tidak hanya sebagai alat kreatif, tetapi juga menjadi alat ekspresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan warna dan untuk mengetahui warna-warna yang sering digunakan dalam kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang.

    Warna-warna yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: warna primer yang meliputi warna merah, kuning dan biru; warna sekunder yang meliputi warna jingga, hijau dan ungu; warna tersier yaitu warna cokelat; dan warna neteral yang meliputi warna hitam dan putih. Warna-warna tersebut  didapat dari alat mewarna krayon dan pensil warna yang biasanya digunakan dalam kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang.

    Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mengarah pada pendekatan kuantatif. Dalam kegiatan penelitian ini, peneliti tidak merumuskan hipotesa, karena tidak bermaksud untuk membuktikan sesuatu, melainkan hanya mendeskripsikan apa yang menjadi rumusan masalah dari hasil yang terdapat di lapangan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes pengenalan warna dan tes penggunaan warna. Tes dilakukan untuk mengetahui pengenalan warna dan penggunaan warna dalam kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengetahui warna-warna apa saja yang sering digunakan  dalam kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua anak-anak kelas I di SDN I Percobaan Malang sudah mengenal warna, yaitu warna primer ( merah, kuning, biru), warna sekunder (jingga, hijau, ungu), warna tersier (cokelat), dan warna neteral (hitam dan putih). Tidak selalu warna-warna cerah dan mencolok yang digunakan anak-anak. Dari hasil tes penggunaan warna yang dilakukan pada penugasan mewarnai gambar di kelas I SDN I Percobaan Malang, menunjukkan bahwa warna coklat (bukan warna cerah) dan warna hitam juga banyak sekali digunakan dalam mewarnai gambar.

    Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, warna gelap cenderung dikenal dari pada warna terang,dan warna-warna tidak cerah seperti warna hitam dan cokelat sering digunakan oleh anak-anak kelas I dalam kegiatan mewarnai gambar pada kelas I di SDN I Percobaan Malang.