SKRIPSI Jurusan Seni dan Desain - Fakultas Sastra UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Pembelajaran Menggambar Ekspresi Dan Mewarna di TK Kusuma Bangsa Desa Karangjati Kecamatan Pandaan

Nurhidayanto Nurhidayanto

Abstrak


Menggambar sebagai ungkapan kreatif untuk mengisi rasa cepat anak
menerima rangsangan dari luar dan dapat melahirkan segala isi kesadaran jiwanya. Dari
pengalaman mengamati karya siswa-siswi TK Kusuma Bangsa, Desa Karangjati,
Kecamatan Pandaan, banyak dijumpai hasil karya yang aneh, unik, lucu, gaya dan corak
yang sama, tidak beraturan bahkan menakutkan. Untuk mengetahui metode
pembelajaran menggambar dan mewarnai serta faktor yang mempengaruhi kegiatan
tersebut, dilakukan dengan cara mewawancarai, mengobservasi dan mengkaji dokumen
tentang kegiatan menggambar ekspresi dan mewarnai di TK Kusuma Bangsa. Penelitian
bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tentang metode pembelajaran
dan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan menggambar ekspresi dan mewarna di
TK Kusuma Bangsa. Diharapkan penelitian ini akan menjadi masukan bagi mahasiswa
dan calon guru yang akan mengajarkan menggambar dan mewarna pada anak, serta
menjadi tambahan informasi bagi pembina dan guru TK Kusuma Bangsa yang dapat
dijadikan bahan evaluasi terhadap proses pembelajaran di TK Kusuma Bangsa untuk
pengembangannya di masa yang akan datang. Data dan sumber data pada penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru dan dokumen yang mendukung penelitian tentang metode
pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan menggambar ekspresi dan
mewarna di TK Kusuma Bangsa.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari s/d Maret tahun 2008, tahun ajaran
2007-2008. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Analisa yang digunakan adalah model studi kasus tunggal. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran menggambar
dan mewarnai yang digunakan guru TK Kusuma Bangsa adalah menggambar ekspresi
dengan media kreatif dan menggambar ekspresi bebas dengan metode pemberian tugas.
Metode demonstrasi, bercerita, latihan pembiasaan, metode proyek dan bermain warna
jarang dilakukan. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kegiatan menggambar
ekspresi dan mewarna pada anak-anak TK Kusuma Bangsa yaitu pertama faktor
perkembangan intelektual: usia, bakat, sifat/karakter siswa yang berbeda-beda; dan
kedua faktor perkembangan sosial: latar belakang keluarga yang beragam, faktor
ekonomi keluarga, faktor pergaulan anak serta faktor informasi dan teknologi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian
lebih lanjut. Misalnya perkembangan gaya menggambar anak atau tentang metode
pembelajaran PAUD dan Calistung. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif atau dengan menggunakan pendekatan kritik holistik. Bagi guru dan pembina
TK Kusuma Bangsa agar menerapkan berbagai metode pembelajaran yang sesuai
dengan Kurikulum TK dan meningkatkan kreativitas dalam membuat media
pembelajaran. Bagi lembaga-lembaga pendidikan usia dini lainnya, supaya
memperhatikan dan menerapkan metode yang tepat bagi perkembangan pendidikan
anak, karena pendidikan anak usia dini adalah masa-masa keemasan bagi tumbuh
kembangnya kreativitas anak.