SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sejarah di Kabupaten Sumenep

Faiq . Ramadhani

Abstrak


Abstrak

 

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Setiap guru dituntut meningkatkan profesionalisme, yaitu setiap guru harus meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. MGMP sebagai organisasi yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme guru. Fokus pembahasan dalam artikel ini pertama, mengenai kondisi (Kompetensi dan kualitas) guru Sejarah sebelum mengikuti MGMP, kedua, mengenai profesionalisme guru Sejarah di Kabupaten Sumenep setelah mengikuti MGMP Sejarah SMA di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara dengan subyek penelitian yaitu guru anggota dan pengurus MGMP Sejarah SMA Kabuapten Sumenep. Data yang diperoleh akan dipaparkan kemudian dilakukan analisis untuk menjawab fokus penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh adalah Peran MGMP Sejarah SMA Kabuapten Sumenep sudah sesuai  dan sudah mengacu terhadap peraturan pemerintah.

 

Abstrack

 

The teacher is a professional educator with the main task of educating, teaching, guiding, directing, training, evaluating, and evaluating students. Every teacher is demanded to increase professionalism, that is, every teacher must increase his competence, both pedagogical, personality, social and professional competencies. MGMP as an organization that aims to develop and improve teacher professionalism. The focus of the discussion in this article is first about the condition (Competence and quality) of History teachers before participating in the MGMP, both about the professionalism of History teachers in Sumenep Regency after attending the High School History MGMP in Sumenep Regency. This study uses descriptive qualitative methods. The research process was carried out by conducting interviews with research subjects, namely teacher members and administrators of the MGMP History Sumenep District High School. The data obtained will be presented and then analyzed to answer the focus of the study. Based on the results of data analysis, the conclusion obtained is that the Role of the MGMP History of the Sumenep District High School is appropriate and already refers to government regulations.

Kata kunci: Peran MGMP, Profesionalisme Guru