SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KARUTA SEJARAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH MAMBAUL ULUM TUMPANG

Albi Hamzah Ilman Ghani

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan adalah sebuah komponen yang bersifat mendasar, sekedar memberi wawasan arti, ruang lingkup, fungsi, tujuan, dan sistematika yang menyangkut komponen komponen pendidikan (Syam, 1987:1) sementara Sejarah sendiri menurut Kartodirdjo (1993:14) pendidikan adalah sebuah konstruk yang bisa diumpamakan sebuah bangunan yang disusun penulis sebagai suatu uraian atau cerita.

Karena itu pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat memberikan perubahan dan sumbangan bagi bangsa dimasa yang akan datang adalah pendidikan yang dapat merubah dan mengembangkan potensi siswa, sehingga para siswa nantinya mampu memiliki dan memecahkan permasalahan pendidikan yang akan dihadapinya. Sementara menurut Nana Syaodih (2013:24) pendidikan merupakan kegiatan mengoptimalkan kegiatan karateristik pribadi siswa yang nantinya kegiatan pendidikan tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan tertentu. Nantinya pendidikan tersebut semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk menghadapi masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari saat ini maupun yang akan datang.

Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Kartu Karuta Sejarah, Motivasi Belajar  Siswa