SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAH MIND, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT (MASTER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATAPELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Dina Ilmiati Rizqiyah

Abstrak


Abstrak

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, kemampuan berpikir analitis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran MASTER. Kedua, mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik di SMAN 1 Batu dalam pelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif, menggunakan pendekatan Pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, dan dalam analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kemampuan berpikir analitis kelas eksperimen meningkat sebesar 36%. Kedua, pengaruh penggunaan model pembelajran MASTER terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik sebesar 27%.

Kata kunci: Pembelajaran sejarah, model pembelajaran MASTER, berpikir analitis

 

Abstract

 

The purpose of this study is to figured out: first, the analytical thinking ability of  student in SMAN 1 Batu who are taught by MASTER learning model in history learning. Second, the influence of  MASTER learning model towards the analytical thinking ability of student in SMAN 1 Batu on history learning. This research is a quantitative research experiment, using Pre-Experiment approach with One Group Pretest-Posttest Design and analysis of this research using simple liniear regression. The result of this research are: first analytical thinking ability of the experiment class increased significantly by 36%. Second the influence of MASTER learning model on students’ analytical thinking ability is 27%.

Keywords: History learning, MASTER learning model, analytical thinking