SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA KOLABORASI ULAR TANGGA DENGAN SCRABBLE TENTANG PERKEMBANGAN KERAJAAN DEMAK UNTUK MEMPERKUAT PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X AKOMODASI PERHOTELAN 3 DI SMKN 1 BATU

Nika Nardha Nanthania

Abstrak


Abstrak

 

Pembelajaran sejarah pada saat ini kurang diminati oleh peserta didik karena cendurung monoton dalam pengajarannya, sehingga tidak memotivasi peserta didik dalam belajar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah kolaborasi ular tangga dengan scrabble. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sugiono. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, ahli praktisi, dan lembar angket validasi siswa. Produk yang dihasilkan adalah permainan ular tangga yang dikolaborasikan dengan scrabble. Hasil uji validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 100%, hasil ahli validasi materi memperoleh presentase sebesar 96,8%, hasil validasi ahli praktisi memperoleh presentase sebesar 100%, hasil angket validasi siswa kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 89,3%, dan uji coba angket validasi siswa kelompok besar memperoleh presentase sebesar 90,9%. Dapat disimpulkan bahwa dengan hasil uji coba ahli media, ahli materi, ahli praktisi dan angket validasi siswa kelas X Akomodasi Perhotelan 3 menunjukkan produk yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Ular Tangga dengan Scrabble 

 

 

Abstract

 

Learning history at this time is less desirable by students because it tends monotonous in teaching, so it does not motivate students in learning history. This study aims to develop a learning medium for the history of collaboration of snakes and ladders with scrabble. The research model used is Sugiono's development model. Data collection instruments in the form of media expert validation sheets, material experts, practitioner experts, and student validation questionnaire sheets. The product produced is a snake ladder game that is collaborated with Scrabble. The results of the validation test of media experts obtained a percentage of 100%, the results of the material validation expert obtained a percentage of 96.8%, the results of the validation of the expert practitioners got a percentage of 100%, the results of the validation questionnaire for small group students obtained a percentage of 89.3%, and the trials The validation questionnaire for large group students received a percentage of 90.9%. It can be concluded that the results of the trial of media experts, material experts, practitioner experts and validation questionnaire for class X students of Hospitality 3 showed that the products developed were in a very valid category to be applied in learning history.

Keywords: Development, Media, Snakes and Ladders with Scrabble

Abstrak

 

Pembelajaran sejarah pada saat ini kurang diminati oleh peserta didik karena cendurung monoton dalam pengajarannya, sehingga tidak memotivasi peserta didik dalam belajar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah kolaborasi ular tangga dengan scrabble. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sugiono. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, ahli praktisi, dan lembar angket validasi siswa. Produk yang dihasilkan adalah permainan ular tangga yang dikolaborasikan dengan scrabble. Hasil uji validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 100%, hasil ahli validasi materi memperoleh presentase sebesar 96,8%, hasil validasi ahli praktisi memperoleh presentase sebesar 100%, hasil angket validasi siswa kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 89,3%, dan uji coba angket validasi siswa kelompok besar memperoleh presentase sebesar 90,9%. Dapat disimpulkan bahwa dengan hasil uji coba ahli media, ahli materi, ahli praktisi dan angket validasi siswa kelas X Akomodasi Perhotelan 3 menunjukkan produk yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Pengembangan, Media, Ular Tangga dengan Scrabble 

 

 

Abstract

 

Learning history at this time is less desirable by students because it tends monotonous in teaching, so it does not motivate students in learning history. This study aims to develop a learning medium for the history of collaboration of snakes and ladders with scrabble. The research model used is Sugiono's development model. Data collection instruments in the form of media expert validation sheets, material experts, practitioner experts, and student validation questionnaire sheets. The product produced is a snake ladder game that is collaborated with Scrabble. The results of the validation test of media experts obtained a percentage of 100%, the results of the material validation expert obtained a percentage of 96.8%, the results of the validation of the expert practitioners got a percentage of 100%, the results of the validation questionnaire for small group students obtained a percentage of 89.3%, and the trials The validation questionnaire for large group students received a percentage of 90.9%. It can be concluded that the results of the trial of media experts, material experts, practitioner experts and validation questionnaire for class X students of Hospitality 3 showed that the products developed were in a very valid category to be applied in learning history.

Keywords: Development, Media, Snakes and Ladders with Scrabble