SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAMBO S UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 1 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Anung Jati Nugraha Mukti

Abstrak


Abstrak

 

Penelitian ini didasari oleh belum adanya pemanfaatan media pembelajaran sejarah pada pembelajaran sejarah dengan materi Sejarah Perjuangan Batalyon Sikatan dalam Mempertahakan Indonesia 1948-1949 serta pemanfaatan Smartphone yang dinilai belum maksimal oleh siswa. (Studi pada wawancara guru matapelajaran sejarah Ibu Dra. Susiani dan Ibu Warapamungkas Mustikaningtyas S.Pd serta siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Pengembangan pada media pembelajaran belum pernah dilakukan sebelumnya oleh guru matapelajaran Sejarah Indonesia, pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran Rambo S diharapkan mampu untuk menarik perhatian siswa dan menambah wawasan siswa tentang sejarah di sekitar lingkungannya dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Rambo S dengan materi Sejarah Perjuangan Batalyon Sikatan untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan versi Sugiyono dengan modifikasi, yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk uji coba, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan dari proses validasi materi didapatkan prosentase validitas sebesar 95%, dari proses validasi ahli media didapatkan prosentase validitas 96%. Dari hasil uji coba pemakaian kelompok kecil didapatkan hasil efektifitas produk dengan prosentase 92% dengan jumlah 8 siswa sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar sebesar 93% dengan jumlah 28 siswa. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Rambo S ini sangat valid dan sangan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah.

Kata-kata kunci : Media pembelajaran, Rambo S, Batalyon Sikatan

 

Abstract

 

The study is based on the nonexistence of the use of historical learning media in history learning with the material of the History about Srikatan Battalion Struggle in defending Indonesia on 1948-1949 and the use of smartphone which was considered by students was not maximal. (Study on interviewing the history teacher, Mrs. Dra. Susiani and Mrs. Warapamungkas Mustikaningtyas S.Pd and grade XI IPS at SMAN 1 Boyolangu Tulungagung). The development of learning media has never been done before by the Indonesian history teachers. The learning by using the Rambo S learning media is expected to be able to attract students' attention and increase students' insights about history in learning activities. The purpose of this study is to produce the product of Rambo S learning media with the material of History about Sikatan Battalion Struggle for the History Learning of grade XI IPS 1 at SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung. The method used in this study is using the research and development method of Sugiyono's version with modifications, those are (1) potential and problem, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product testing (7) revision of product testing (8) usage testing (9) product revision. The result of the study from the material validation process showed that was obtained the percentage of validity 95% and from media expert validation process was obtained percentage of validity 96%. The test result of using the small groups which consists of 8 students were obtained the results of the product effectiveness with a percentage of 92% in the test results of using the large groups which consists of 28 students were obtained 93%. To sum up, The Rambo S learning media is very valid and effective used in historical learning activities..

Keywords : learning media, Rambo S, Sikatan Batalyon